fbpx
26 C
Makassar
Senin, 15 Agustus 2022

KNPI Toraja Utara Dukung Penertiban Aktivitas Tambang Galian C Ilegal

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Aktivitas tambang galian C ilegal juga disorot Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Toraja Utara.

Beberapa hari lalu, pengurus MPC Pemuda Pancasila bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Toraja Utara dan anggota Satpol PP melakukan penertiban di 9 lokasi tambang galian C yang ilegal dan tidak memiliki izin.

Nakalnya aktivitas tambang galian C ilegal tersebut tidak mengindahkan imbauan pemerintah daerah, dan keseluruhannya tidak memiliki izin sama sekali.

Pemuda Toraja juga menyuarakan dan mendukung langkah penertiban aktivitas tambang galian C yang masih nakal dan beroperasi sehingga merusak alam Toraja.

“KNPI hadir mendukung langkah penertiban, ini dampaknya besar bagi daerah dan masyarakat kita, maka kami harap pemerintah daerah harus tegas persoalan ini,” ujar Ketua KNPI Toraja Utara, Belo Tarran, Jumat (3/12/2021).

Kata Belo, keprihatinan kita bersama juga terbukti kehadiran Ormas MPC Pemuda Pancasila menyoroti dan KNPI juga hadir mendukung karena terkait kemaslahatan orang banyak.

“Tambang ilegal harus ditertibkan dan harus memiliki izin agar terpantau dengan baik,” pungkas Belo.

- ADS -

Sementara Wilson Paembonan, jabat Wakil Ketua Bidang Agama dan Lingkungan Hidup KNPI Toraja Utara sangat menyayangkan sikap Pemkab Toraja Utara dalam hal ini DLH, Satpol PP dan dinas bersangkutan yang patut dianggap lemah dalam hal menangani persoalan tambang illegal yang semakin menjamur.

Sebab, menurutnya perintah penertiban instruksi langsung dari Wakil Bupati dan tentu melanggar Peraturan Daerah (Perda) Toraja Utara bahkan sudah berapa kali melakukan Sidak, tapi masih ada saja beroperasi.

“Perlu disadari sebagai masyarakat, hal ini sudah sangat merusak alam atau lingkungan dan merugikan daerah kita tentunya, baik itu dari segi estetika keindahan, keasrian lingkungan dan ekosistem,” ujar Wilson.

Mewakili pemuda Toraja, Wilson berharap agar seluruh tambang galian C yang belum mengantongi izin resmi atau Ilegal dan masih beroperasi agar segera dihentikan dan ditutup.

“Mengingat penambangan dilakukan secara ilegal itu termasuk pencurian harta negara, ya karena tidak ada kontribusi terhadap negara,” pungkas Wilson.

Harapannya kepada Pemkab Toraja Utara agar dapat segera berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk tindak tegas para oknum penggalian tambang galian C.

“Dengan tegas kami sampaikan hak suara kami, agar kedepan tidak terjadi lagi seperti ini, dan pemerintah daerah melakukan sosialisasi kepada Kepala Lembang/Lurah terkait penggalian tambang galian C di daerahnya,” tutup Wilson. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Sudah Setahun Pegawai Dinas Kebudayaan Tana Toraja Hirup Bau Pesing

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Plafon hingga pipa wc ruangan di Kantor Dinas Kebudayaan Tana Toraja bocor. Akibatnya pegawai seringkali...

Berita Lain

- Advertisement -