fbpx

Keseruan Siswa di Tana Toraja Gerak Jalan Ma’Tekka

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Ratusan peserta didik tingkat sekolah dasar (SD) dan SMP di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti lomba gerak jalan Ma’tekka atau Engrang. Lomba tradisional tersebut digelar untuk memeriahkan HUT Tana Toraja ke-66.

Ratusan peserta didik mengenakan baju adat Toraja menaiki Tekka yang terbuat dari bambu tanpa alas kaki.

Suasana menjadi riuh dengan tawa penonton saat beberapa peserta didik menampilkan atraksi baris berbaris menggunakan permainan tradisional itu. Masing-masing guru sekolah juga tidak mau ketinggalan untuk menyemangati murid-muridnya sedang berlomba.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tana Toraja Bertus Dive Wantania mengatakan, lomba gerak jalan Ma’Tekka diikuti oleh perwakilan sekolah dasar dan SMP di 19 Kecamatan Tana Toraja. Hal ini kata dia, untuk memeriahkan HUT Tana Toraja ke-66 yang jatuh pada Rabu (30/8) nanti.

“Untuk memeriahkan HUT Tana Toraja tahun ini Dinas Pendidikan melaksanan lomba gerak jalan Engrang atau kalau orang Toraja bilang Ma’Tekka. Ada SD dan SMP di 19 Kecamatan di Tana Toraja yang mengikuti lomba tradisional ini,” katanya Kamis (24/8/2023).

Bertus mengungkapkan, biasanya Ma’Tekka diperlombakan untuk kecepatan namun kali ini diperlombakan untuk memperlihatkan skill dan kekompakan siswa. Dia melanjutkan, permainan tradisional Ma’Tekka saat ini sudah sangat jarang dimainkan anak-anak Toraja seiring banyaknya game yang bisa dimainkan secara langsung di handphone.

“Kita mau lestarikan permainan tradisonal seiring zaman moderen ini banyak gempuran game di handphone. Ini bisa melatih skill. keseimbangan anak-anak dan olahraga juga, biasanya kan lombanya kecepatan nah sekarang ini kekompakan serta variasi-variasinya,” ungkapnya.(Ari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

TSM Resmikan Posko Induk HSL Special Force’s

ZONAKATA, PAREPARE – Bakal Calon Wali Kota Parepare, Tasming Hamid (TSM) hadir dan meresmikan langsung Posko Induk HSL Special...

Berita Lain