fbpx

Kemendikbudristek Bersama Eva Rataba Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar di Toraja

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba sosialisasi kurikulum Merdeka Belajar di Toraja, Selasa (25/7/2023).

Eva bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sosialisasi berlangsung di Hotel Metro, Makale, Tana Toraja yang di ikuti guru SD hingga SMA se-Kabupaten Tana Toraja, Toraja Utara, dan Enrekang.

“Kurikulum Merdeka Belajar ini dirancang dan disusun agar bisa diterapkan seminim apapun karena yang disasar disini adalah penguatan karakter, untuk meningkatkan proses pembelajaran,” kata Kepala Subbagian Tata Usaha Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kemendikbudristek, Atep Kartiansyah.

Kemendikbudristek Bersama Eva Rataba Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar di Toraja

Atep menjelaskan, kurikulum ini juga memerdekakan guru untuk berkreasi memberikan layanan pendidikan yang baik.

Sesuai kata dia, dengan kebutuhan peserta didik dan lebih fleksibel dalam mengatur materi pelajaran, karena materinya lebih simpel dan tidak padat karena fokus pada bidangnya.

“Kami disini ingin pendidikan ini bermakna dan bermanfaat bagi anak. Pendidikan itu memerdekakan manusia lahir maupun batin,” ujarnya.

Ia menuturkan, kekuatan kurikulum bukan dilihat dari banyaknya materi yang diberikan kepada siswa.

Melainkan lebih memberikan ruang kepada siswa untuk dapat beradaptasi pada situasi yang terus berkembang pada kehidupan yang lebih kompleks.

Sementara, Eva Rataba mengatakan, sosialisasi kurikulum ini dilakukan karena masih banyak yang belum dipahami oleh guru maupun masyarakat.

“Kurikulum itu setiap saat dapat berubah sesuai dengan perkembangan zamannya karena ada pandangan baru dalam pendidikan di Indonesia,” katanya.

Eva Rataba mengatakan bahwa pendidikan di Indonesia harus kuat di pendidikan karakter sesuai dengan jatidiri bangsa Indonesia yang hormat pada guru dan orang tua.

“Yang perlu diperhatikan juga adalah tantangan global dengan masuknya budaya luar sehingga perlu mempunyai karakter yang kuat sesuai jati diri bangsa Indonesia,” katanya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan workshop sosialisasi kurikulum merdeka itu menghadirkan pemateri dari Pengembang Kurikulum Ahli Madya Kemendikbudristek, Dr Taufiq Damarjati.

Kegiatan itu juga dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan Tana Toraja, Bertus Dipe W dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan SulSel wilayah X, Tien Suharti.(ESR Media)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tasming Hamid Dapat Ratusan Dukungan dari Tim Achmad Ariady

ZONAKATA.COM, PAREPARE - Caleg terpilih partai NasDem Kota Parepare Achmad Ariady menghadirkan ratusan tim pemenangannya mendeklarasikan diri mendukung penuh...

Berita Lain