fbpx
27 C
Makassar
Sabtu, 22 Januari 2022

Kembangkan Tenun Khas Toraja, Dekranasda Gelar Pelatihan Kerajinan Tenun Manual

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Toraja Utara mengelar Pelatihan Kerajinan Kain Tenun, Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) di Kantor Lembang Sa’dan Andulan, Kecamatan Sa’dan, Rabu (29/9).

Pelatihan ini dilaksanakan Dekranasda bekerjasama dengan Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM se Kabupaten Toraja Utara yang gelar selama 10 hari mulai tanggal 27 September hingga 6 Oktober 2021.

Kegiatan ini dibuka Wakil Ketua Dekranada Toraja Utara, Damayanti B. Palimbong yang dihadiri Kepala Lembang Sa’dan Andulan, Frans Derik Mangiri, para instruktur dan peserta pelatihan berjumlah 10 orang.

Panitia Pelaksana Inrias Duma yang merupakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, mengatakan kegiatan ini bertujuan mendukung pelaku usaha dalam hal peningkatan dan pengembangan produk tenun khas Toraja sehingga dapat berdaya saing.

“Kegiatan ini bertujuan mendukung pelaku usaha dalam hal peningkatan dan pengembangan produk tenun khas Toraja, meningkatkan daya saing produk, membantu efektivitas dan efisiensi waktu dan tenaga pengrajin dalam memproduksi khas Tenun Toraja,” ujar Inrias.

Lanjutnya peserta berjumlah 10 orang berasal dari Kelompok Tenun Andulan Jaya dengan menghadiri instruktur tenun pelatihan ATBM, Arni Kurnia Sutera Sengkang. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menghadirkan dukungan pelaku usaha dalam meningkatkan produk tenun khas Toraja dan menciptakan percepatan pembuatan kain tenun.

- ADS -

Sementara itu, Damayanti Palimbong mengatakan dengan adanya pelatihan ini diharapkan pengrajin di kecamatan Sa’dan memiliki banyak kampung tenun dan lebih semarak lagi.

Kembangkan Tenun Khas Toraja, Dekranasda Gelar Pelatihan Kerajinan Tenun Manual - Zonakata.com

“Harapan kita hadirnya pelatihan ini, peserta dari ibu-ibu dapat berkreasi dan berinovatif menciptakan kain tenun yang bervariasi serta pengerjaannya dilaksanakan secara efesiensi waktu yang singkat,” ungkapnya.

Istri Wakil Bupati Frederik V. Palimbong ini mengatakan agar ilmu yang didapatkan nantinya disebarkan kepada pengrajin tenun lainnya sekitar Kecamatan Sa’dan dan dengan hadirnya pelatihan ini dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi secara signifikan.

Usai pembukaan dilanjutkan penandatanganan nota kesepahaman pinjam pakai barang milik Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kabupaten Toraja Utara berupa ATBM sistem injakan 1 paket, Alat Hani (biasa) 1 paket dan Alat Kelos 1 paket.

Ris/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Kemenag Sulsel Juara 1 Turnamen Bulutangkis Korpri Cup I 2022

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi-Selatan, Andi Sudirman Sulaiman hadir meyaksikan pertandingan final Turnamen Bulutangkis KORPRI Cup...

Berita Lain

- Advertisement -