fbpx

Karang Taruna dan Lamaranginang Jeep Club Bantu Korban Bencana di Luwu Utara

Populer

spot_img

ZONAKATACOM – LUWU UTARA Karang Taruna (KT) bersama Lamaranginang Jeep Club (LJC) Luwu Utara berkolaborasi mendistribusikan bantuan sembako ke daerah terisolir di Desa Limbong Wara Kecamatan Malangke Barat. Selasa 4 Agustus 2020.

Sembako yang disalurkan sebanyak 150 paket menggunakan 6 mobil jeep milik anggota Lamaranginang Jeep Club. Diketahui Desa Limbong Wara merupakan salah satu desa yang terdampak banjir.

Jalan untuk menuju desa tersebut hanya bisa di lalui kendaraan roda dua, mobil  jeep dan sejenisnya untuk bisa tiba di lokasi itu, mengingat jalur yang cukup ekstrem dengan banyak kubangan yang cukup dalam.

Karang Taruna dan Lamaranginang Jeep Club Bantu Korban Bencana di Luwu Utara

Salah satu driver yaitu Bang Moes mengaku cukup kesulitan melewati medan tersebut dengan banyaknya lubang dibadan jalan sehingga menimbulkan guncangan pada pada kendaraan selama perjalanan sehingga harus ekstra hati-hati dalam mengemudi.

“Jalanannya cukup ekstrim, berlumpur dan banyak lubang sehingga butuh ekstra hati-hati untuk mengemudi,” ujar Bang Moses salah satu driver mobil pengangkut sembako.

Perjalanan ditempuh sekitar dua setengah jam dari kota Masamba menuju Desa Limbong Wara melalui Desa Dandang dan Teteuri selanjutnya melewati Kecamatan Baebunta Selatan dan tiba di Kecamatan Malangke Barat.

Dalam perjalanan tepatnya di desa Lembang-lembang Kecamatan Baebunta Selatan, salah satu mobil relawan mengalami rem blong sehingga perjalanan sedikit tertunda karena tim harus memperbaiki kerusakan tersebut.

Setibanya di lokasi tujuan, tim relawan labgsung menurunkan logistik di Kantor Desa Limbong Wara sebagai Posko Utama. Warga begitu antusias menyambut kedatangan tim dengan menyuguhkan makan siang di posko utama bagi para relawan.

Karang Taruna dan Lamaranginang Jeep Club Bantu Korban Bencana di Luwu Utara

Ogi Pasolang selaku Sekretaris MPKT Karang Taruna Kabupaten Luwu Utara mengatakan bahwa tim relawan gabungan ini mengantarkan logistik atau bantuan sembako ke daerah terisolir dan sulit dijangkau kendaraan roda empat.

“Karang Taruna Luwu Utara dan Komunitas Pencinta Otomotif Offroad peduli terhadap warga terdampak bencana banjir bandang. MPKT, Pengurus Karang Taruna dan Rombongan off_roader ini mengantar langsung logistik ke daerah – daerah yang sulit terjangkau roda 4 dan kali ini para off_roader mengunjungi Beberapa desa di Malangke Barat yang terdampak banjir bandang sungai rongkong,” ujar Ogi Pasolang.

Ketua LJC Luwu Utara, Muchtar Jaya, yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Inspektorat Kabupaten Luwu Utara mengatakan bahwa kedepannya timnya akan kembali lagi ke Desa Limbing Wara untuk menyalurkan bantuan mengingat lokasi tersebut sangat susah untuk diakses sementara para korban banjir butuh bantuan berupa sembako dan kebutuhan lainnya.

“Kami akan selalu turut membantu saudara-saudara kita dan berinisiatif bersama Karang Taruna Kabupaten Luwu Utara sebagai wujud empati kami. Kedepannya kami akan mengusahakan untuk membawa bantuan ke tempat ini melihat kondisi akses jalan yang sulit dilalui oleh kendaraan lain,” kata Muchtar Jaya.

Sementara itu, Andi Mahmuddin Kepala Desa Limbong Wara sangat berterimakasih atas bantuan yang disalurkan mengingat warganya sangat membutuhkan bantuan tersebut.

Karang Taruna dan Lamaranginang Jeep Club Bantu Korban Bencana di Luwu Utara

“Terimakasih banyak atas kunjungan teman-teman terutama dari tim relawan dan Kepala Inspektorat untuk datang menengok kami, melihat langsung keadaan kami sekaligus membawa bantuan, masyarakat merasa sangat bersyukur atas hal tersebut,” kata Andi Mahmuddin.

Diketahui jumlah kepala kelarga di Desa Limbong Wara sebanyak 123 KK dan yang terdampak sebanyak 105 KK. Banjir di Desa Limbong Wara di sebabkan adanya luapan sungai Rongkong sehingga menggenangi rumah dan kebun warga.

Mayoritas warga berkebun kakao sebagai mata pencaharian utama namun dengan adanya banjir menyebabkan tanaman tidak lagi berproduksi bahkan mati.

📷 Idha Hidayah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mahasiswa KKN Unhas Bareng Pemkot Parepare dan TNI, Polri Gelar Kerja Bakti untuk Cegah Stunting

ZONAKATA, PAREPARE - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 112 Universitas Hasanuddin (Unhas) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Parepare, Babinsa,...

Berita Lain