fbpx
27 C
Makassar
Selasa, 18 Januari 2022

Kampung Salu, Kelurahan Baruppu Selatan Adalah Potret Daerah Tertinggal Yang Ada di Toraja Utara

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Potret daerah tertinggal yang masuk wilayah administrasi kelurahan ternyata masih ada di Toraja Utara. Yakni Kampung Salu yang terletak di Kelurahan Baruppu Selatan Kecamatan Baruppu.

Kampung ini belum bisa diakses menggunakan kendaraan roda empat sementara sudah masuk dalam wilayah administrasi Kelurahan.

Baru -baru ini Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mengunjungi perkampungan tersebut menggunakan kendaraan roda dua dari Kampung Barereng karena sampai saat ini Kampung Salu hanya bisa diakses dengan kendaraan roda dua.

Sesampai di kampung Salu, Kalatiku Paembonan meninjau sekolah , yang bangunannya masih terbuat dari kayu yakni SDN 6 Baruppu seatap dengan SMPN 2 Satap.

Diselah-selah kunjungan Bupati,
Sekertaris Camat Baruppu Petrus Pongtasik, menyampaikan bahwa baru pertama kali seorang Bupati hadir di Kampung Salu Baruppu sehingga berharap mendapat perhatian serius khususnya infrastruktur yaitu jalan dan jembatan untuk membuka akses , karena di kampung ini banyak potensi berupa tambang Galian C yaitu pasir yang belum tersentuh.

“Baru kali ini kampung kami dikunjungi oleh Bupati Toraja Utara, sehingga kami berharap Pak Bupati dapat memperhatikan infrastruktur yakni jalan dan jembatan mengingat diwilayah ini belum dapat diakses oleh kendaraan,” harap Petrus Pongtasik.

- ADS -

Sementara itu, Kalatiku Paembonan menyampaikan kedatangannya ke daerah terisolir untuk melihat langsung kondisi warga dipelosok dan menyerap aspirasi masyarakat.

“Toraja Utara terkenal dengan wisatanya, panorama alam gunung dan sungai , pertanian hingga perkebunan kopi. Disini sangat potensial dan mendukung, jadi hal terpenting adalah jalan dan jembatan harus segera diprogramkan di kampung ini,” janji Kalatiku.

Di waktu setahun lagi masa pemerintahannya, Kalatiku Paembonan berjanji untuk berupaya sesegera mungkin memprioritaskan pembangunan jalan dan jembatan di Salu Baruppu.

Kalatiku juga meminta untuk selalu diingatkan soal bagaimana membenahi gedung sekolah yang masih terbuat dari kayu.

“Sekolah saya kunjungi tadi diharapkan kedepan bisa menjadi tembok dan bukan kayu lagi, tolong ingatkan saya setiap saat karena fasilitas pendidikan harus ditingkatkan. Dan sebisa mungkin guru disekolah disini adalah yang berasal dari Kecamatan Baruppu, sehingga mempunyai semangat dan tanggungjawab yang tinggi dalam memberi bekal pendidikan bagi siswa,” kata Kalatiku.

Sementara itu, tokoh masyarakat menyampaikan aspirasi didepan Bupati dan rombongan meminta Kampung Salu Baruppu dimekarkan dari Kelurahan Baruppu dan dijadikan Lembang tersendiri . Selain itu, perbaikan jalan diutamakan, kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan yang tidak memadai harus dibenahi.

Mendengar aspirasi warga pelosok yang langsung berbatasan dengan daerah Makki, Kalumpang, Mamuju, Sulawesi Barat ini, bupati pun meminta agar tenaga kesehatan dan pendidikan yang ingin bertugas di wilayah tersebut agar segera menyerahkan berkasnya untuk ditempatkan diwilayah itu.

📄Ajhie Tangkesalu

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Jelajah Goa Kurungan Deata Toraja, Sungguh Memacu Adrenalin

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Komunitas penggiat susur goa, Rock Climbing Toraja Club (RCTC), kembali menaklukkan goa vertikal Toraja, Goa...

Berita Lain

- Advertisement -