fbpx
27 C
Makassar
Selasa, 18 Januari 2022

Kalem Buntu Datu: Kami Selalu Kedepankan Transparansi

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM -TANA TORAJA Papan informasi merupakan salah satu akses bagi masyarakat untuk mengetahui penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) di sebuah Desa atau Lembang.

Informasi itu wajib ada sebagai salah satu faktor penting bagi transparansi kelola dana desa yang tepat guna serta tepat sasaran.

Apalagi saat ini ada tiga pilar jaga desa yang terdiri dari unsur Kejaksaan, Polres dan Kodim yang berfungsi melakukan pengawasan penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) disetiap Desa atau Lembang.

Untuk itu ketiga pilar tersebut saat ini mulai aktif turun ke Lembang Lembang dalam melakukan pengawasan pelaksanaan Anggaran Dana Desa (ADD).

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Mengkendek, Bripka Ishak Itan yang melakukan monitoring dan pengawasan kegiatan proyek yang ada di Lembang Buntu Datu, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja.

- ADS -

Dalam monitoring itu sejumlah proyek di Lembang Buntu Datu pada Sabtu (10/8) lalu Bripka Ishak mengecek kualitas dan kondisi pekerjaan sesuai dengan jenis pekerjaan yang tertera pada papan informasi.

Kalem Buntu Datu: Kami Selalu Kedepankan Transparansi - Zonakata.com
Salah satu contoh papan informasi yang menurut pihak Kejaksaan Negeri Tana Toraja telah lengkap dan memenuhi persyaratan.
(foto Humas Polres Tana Toraja)

Dalam kesempatan itu Bripka Ishak menyarankan kepada ketua BPL dan anggota TPK Lembang Buntu Datu supaya kedepan papan informasi yang ada agar mencantumkan HOK termasuk honor TPK.

Hal tersebut sudah ditegaskan Kejaksaan Negeri Tana Toraja melalui Kasi Intel Andi Ardi Aman, agar semua kegiatan disetiap Lembang wajib memasang papan informasi.

Menurut Kasi Intel Kejari bahwa papan informasi itu berfungsi sebagai bentuk transparansi dengan mencantumkan nilai fisik, hok dan honor TPK.

“Banyak Lembang yang sudah pasang papan informasi dilokasi kegiatannya namun tidak detail, untuk itu kami imbau untuk melengkapinya sesuai yang telah dipersyaratkan,” imbuh Andi Aman disetiap melakukan sosialisasi tiga pilar.

Kalem Buntu Datu: Kami Selalu Kedepankan Transparansi - Zonakata.com
Dua kegiatan yang sementara dilaksanakan di Lembang Buntu Datu dilengkapi dengan papan informasi (foto istimewa)

Sementara itu Kepala Lembang Buntu Datu Stepanus Sulle Buranna, mengaku jika ia tidak berada dilokasi saat tim Tiga Pilar Jaga Desa turun melakukan monitoring. Namun dia membantah jika dilokasi proyek itu tidak terpasang papan informasi.

“Ada dua proyek pengerasan jalan di Buntu Datu dan keduanya sudah dimonitoring oleh Bhabinkamtibmas. Keduanya telah terpasang papan informasi, tapi mungkin HOK dan Honor TPK nya belum tertera, karena itu merupakan aturan yang baru,” ujar Stepanus kepada zonakata.com, Senin (12/8).

Stepanus mengaku jika untuk keterbukaan kepada masyarakat setiap kegiatan yang ada di Lembang Buntu Datu selalu ada papan informasi sebagai wujud transparansi kepada warganya.

“Kami selalu mengedepankan keterbukaan, jadi setiap ada kegiatan didesa (Lembang) kami pasti selalu memasang papan informasi,” pungkas Stepanus.

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Jelajah Goa Kurungan Deata Toraja, Sungguh Memacu Adrenalin

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Komunitas penggiat susur goa, Rock Climbing Toraja Club (RCTC), kembali menaklukkan goa vertikal Toraja, Goa...

Berita Lain

- Advertisement -