fbpx

Jelang Idul Adha 2024, Harga Hewan Kurban Alami Kenaikan

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – PALOPO Menjelang Hari Raya Idul Adha 2024 harga hewan kurban mengalami kenaikan. Kenaikan harga hewan kurban tersebut hingga Rp 2 juta.

Kabid Keswan dan Kesmavet Dispertanakbun Kota Palopo, drh Burhanuddin Harahap menjelaskan, saat ini harga sapi kurban di Kota Palopo bervariasi dari bobot sapi tersebut.

“Kisarannya dari harga Rp10 juta hingga Rp18 juta,” sebut drh Bur, Kamis (28/5/2024).

Dia mengungkapkan, untuk tahun 2024 ini, harga sapi kurban ada kenaikan antara Rp1 juta hingga Rp2 juta perekornya. Sementara stok hewan kurban diperkirakan berkisar 600 hingga 700 ekor.

“Harga tergantung pada usia dan bobot hewan tersebut. Seperti tahun 2023 stok hewan kurban itu 600 ekor,” ungkapnya.

Menurutnya, hewan kurban yang ada di Kota Palopo hampir 90 persen itu dari luar daerah. Seperti dari Luwu Utara, Luwu Timur, dan Luwu, namun paling banyak dari daerah Bugis, seperti Wajo Bone, dan Sinjai. Pihaknya juga sudah menurunkan tim untuk melakukan pendataan terlebih dahulu sebelum dilakukan pemeriksaan.

“Kami harapkan semua hewan yang akan dijual agar diperiksakan. Pemeriksaan ini tidak memungut biaya alias gratis. Untuk pedagang dadakan, yang ada di pinggir-pinggir jalan, kami harap juga diperiksa hewannya,” imbaunya.

“Tidak hanya kesehatan kita juga akan memeriksa hewan tersebut apakah layak untuk dikurbankan, karena hewan yang sehat belum tentu layak untuk ikut dikurbankan,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemkot Parepare Pantau Harga Kebutuhan Pokok Jelang Idul Adha

ZONAKATA, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare dalam hal ini Dinas Perdagangan, intens melakukan pemantauan dan pengecekan terkait stok dan...

Berita Lain