fbpx

IAKN Toraja Diduga Pungli Beasiswa KIP Kuliah Milik Mahasiswa

Populer

spot_img

ZONAKATA – TANA TORAJA Pihak kampus Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja diduga melakukan pungli beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) terhadap mahasiswanya.

Hal ini ditandai dengan beberapa kejanggalan yang ditemui oleh mahasiswa penerima beasiswa KIP-K IAKN Toraja.

Salah seorang mahasiswa IAKN Bunga mengaku, uang saku yang masuk di ATMnya tersebut dipotong setiap semesternya oleh kampus sejumlah Rp 2,4 juta.

“Kan totalnya persemester itu Rp 6.600.000, tapi kita masih pakai buat bayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) Rp 2.400.000 per semester,” katanya kepada Zonakata, Selasa (14/3/2023).

Ia pun mengatakan jumlah uang yang diterima berubah sejak 2 semester belakang ini, dan UKT yang harus dibayar lebih tinggi dari sebelumnya.

“Tapi semester lalu menurun saya ambil hanya Rp 6,4 juta, seharusnya juga kan kalau saya bayar sesuai UKT hanya Rp 900 ribu karena itu UKT awal saya,” ungkapnya

Selain itu, salah seorang mahasiswa juga tidak menerima haknya, padah terdaftar sebagai KIP-K, hanya karena tidak menyelesaikan LPJnya.

“Itu hari kan kami pengumpulan LPJ, terus ada batas tanggalnya na dia lambat kasih masuk, terus nda diterima sudah LPJnya dan nda dapat uangnya,” jelas Bunga.

Kejanggalan ini pun menguat, seperti tidak adanya pengurus KIP-K yang berasal dari mahasiswa, semuanya dikelola oleh dosen.

“Tidak ada pengurus KIP-K disini, semuanya dikelola oleh dosen, kami hanya menerima saja,” tutur Sri salah satu mahasiswa semester akhir di IAKN Toraja.

Untuk memperoleh informasi kongkrit mengenai kebijakan KIP-K yang sebenarnya, reporter Zonakata mengkonfirmasi salah satu Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan yang berperan untuk memantau beasiswa KIP-K di Universitas Negeri Makassar, Aziz.

Menurutnya tidak seharusnya dosen memotong uang kuliah dari tunjangan yang sudah masuk ke rekening mahasiswa.

“Meskipun masing-masing kampus beda-beda tunjangan dan kebijakannya,tapi kalau di universitas negeri beda uang saku dan uang UKT. Uang saku itu sepenuhnya hak mahasiswa untuk memakainya,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Mengenai biaya hidup penerima beasiswa KIP-K disesuaikan dengan indeks kemahalan biaya hidup dengan tunjangan seperti, KIP angkatan 2020 sebesar Rp 4,2 juta, KIP angkatan 2021 sebesar Rp 6,6 juta, dan KIP angkatan 2022 sebesar Rp 6.6 juta.

TINI/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kronologis Truk Terguling Tewaskan 2 Orang di Toraja Utara, Polisi: Sopir Akan Kami Periksa

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Kecelakaan maut mengakibatkan dua orang tewas dan tujuh luka-luka terjadi di jalan poros Sa'dan, Pallawa,...

Berita Lain