fbpx

Event The Legend Of Pongtiku Geliatkan Ekonomi Masyarakat Toraja Utara

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Festival The Legend of Pongtiku sukses digelar di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan sejak 3 hingga 10 Juli 2024.

Kegiatan dalam rangka HUT Pahlawan Nasional Pong Tiku ini digelar oleh Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI).

Ketua Panitia Harian, Harun Lembang menuturkan, event ini tak sekedar menghibur pengunjung, tapi juga berhasil mendongkrak penghasilan para pelaku UMKM.

Event The Legend Of Pongtiku Geliatkan Ekonomi Masyarakat Toraja Utara

“Seperti perlombaan tinju yang kami gelar di Lapangan bakti, itu menarik ribuan warga lokal dan dari luar daerah datang menonton, dan dampaknya membawa berkah bagi pedagang yang ada disekitar lapangan,” kata Harun.

“Kami tidak ada data pasti berapa total penghasilan mereka selama kegiatan, tapi ada yang mendapat 4 sampai 5 juta dalam satu hari, ” sambungnya.

Event The Legend Of Pongtiku Geliatkan Ekonomi Masyarakat Toraja Utara

Selain itu, lewat event ini juga berdampak bagi para pelaku usaha Catering.

Kemudian kata dia, pelaku usaha penginapan. Baik wisma dan hotel.

“Terbukti selama kegiatan hotel pun wisma full di isi oleh tamu dan peserta yang datang dari luar daerah untuk mengikuti event ini,” papar Harun yang juga Anggota DPRD Toraja Utara.

Diketahui, event The Legend Of Pong Tiku ini juga menggelar beberapa lomba. Seperti Kejuaran Tinju, cerdas cermat, serta membuat konten tiktok.

Event The Legend Of Pongtiku Geliatkan Ekonomi Masyarakat Toraja Utara

Ada juga kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis, operasi bibir sumbing dan mata katarak. Kemudian, napak tilas, festival dero’ dan festival sisemba’ (adu kaki).

Atas suksesnya event ini, Harun juga menyampaukan berterimaksih kepada beberapa pihak.

“Terimakasih support dari Pemprov Sulsel. Kemudian ucapan terimakasih kami kepada Walikota Makassar atas usulan PP PMTI tentang perubahan nama jalan Pongtiku menjadi jalan Pong Tiku, dan kini jalan Sungai Saddang di Kota Makassar berubah menjadi jalan Sungai Sa’dan,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Bappelitbangda Sulsel Monitoring Evaluasi dan Coaching Clinic Program Kolaborasi ‘Si Lebah Unggulan’ di Parepare

ZONAKATA.COM - PAREPARE Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan monitoring evaluasi yang dirangkaikan...

Berita Lain