fbpx
26 C
Makassar
Senin, 15 Agustus 2022

Eva Stevani Rataba Kagum Akan Keindahan Alam Simbuang

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Akhir pekan lalu, anggota DPR RI Eva Stevani Rataba menyambangi salah satu daerah terjauh di Tana Toraja, yakni kecamatan Simbuang. Eva yang berasal dari Fraksi Partai Nasdem berada di wilayah Simbuang selama dua hari.

Selama berada di Kecamatan Simbuang, Eva Rataba bersama tim didampingi Camat Simbuang Ritayani Layuk. Ia mengunjungi Lembang Pongbembe, Lembang Puangbembe Mesakada dan Kelurahan Sima untuk bertemu dengan warga yang ada diwilayah itu.

Menurut Eva, Kecamatan Simbuang merupakan salah satu wilayah terjauh dan cukup sulit dijangkau di Tana Toraja. Meski begitu Kecamatan Simbuang banyak sekali hal yang bisa digali dan dikembangkan.

“Sepanjang jalan saya tidak pernah bosan melihat gunung dan lembah yang benar-benar sangat indah. Meski akses jalan masih sangat jauh dari kata layak, namun kami bersyukur saat kesana cuaca sangat cerah,” ungkap Eva.

Simbuang kata Eva, memiliki panorama alam yang indah, sistem pertanian yang masih tradisional, hasil tenun yang sangat berkualitas dan cantik, serta adat budaya leluhur yang masih terjaga baik dalam bentuk fisik maupun nilai-nilai kehidupan nenek moyang.

Sementara itu Camat Simbuang Ritayani menyebutkan jika masyarakatnya masih banyak yang memeluk kepercayaan Aluk Todolo atau kepercayaan nenek moyang orang Toraja. Sehingga warga Simbuang masih menganut kebiasaan-kebiasaan sesuai dengan ajaran atau nilai-nilai dari kepercayaan Aluk Todolo.

Eva Stevani Rataba Kagum Akan Keindahan Alam Simbuang

“Disini masih banyak warga yang memeluk kepercayaan Aluk Todolo atau kepercayaan nenek moyang kita suku Toraja, makanya banyak kebiasan-kebiasaan masyarakat yang mengikuti nilai-nilai dari Aluk Todolo,” terang Ritayani.

- ADS -

Dalam kesempatan itu, Eva memberikan bantuan benang tenun untuk kelompok tenun di Kampung Adat Sarang Dena’ dan Kampung Adat Ke’pe, termasuk mendengarkan aspirasi dari masyarakat sekitar.

Anjas/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Sudah Setahun Pegawai Dinas Kebudayaan Tana Toraja Hirup Bau Pesing

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Plafon hingga pipa wc ruangan di Kantor Dinas Kebudayaan Tana Toraja bocor. Akibatnya pegawai seringkali...

Berita Lain

- Advertisement -