fbpx

DPC PDIP Tana Toraja Umumkan Pemenang Lomba Menulis Artikel di Bulan Bung Karno

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Dalam mengenang Bung Karno, Pengurus Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Tana Toraja menggelar lomba menulis artikel atau berita yang berkaitan tentang Presiden pertama RI, Ir. Soekarno.

Ketua DPC PDI Perjuangan Tana Toraja, Yohanis Lintin Paembongan, menyebut ada tiga peristiwa penting yang terjadi pada bulan Juni. Dimana pada tanggal 6 Juni 1901 Bung Karno dilahirkan, 1 Juni 1945 Soekarno menyampaikan gagasan dan ide tentang dasar negara Indonesia, Pancasila didepan BPUPKI serta wafatnya Bung Karno pada 21 Juni 1970.

DPC PDIP Tana Toraja Umumkan Pemenang Lomba Menulis Artikel di Bulan Bung Karno

“Bagi PDI Perjuangan, Juni disebut sebagai bulan Bung Karno karena pada bulan itu kelahiran Pancasila tepatnya 1 Juni, 6 Juni 1901 Bung Karno lahir, dan pada 21 Juni 1970 Bung Karno wafat,” jelas Yohanis Lintin.

Untuk itu PDI Perjuangan menggelar lomba menulis artikel terkait Bung Karno, dengan melibatkan jurnalis yang ada di Tana Toraja dan Toraja Utara. Menurut Wakil Ketua DPRD Tana Toraja ini, bahwa pers merupakan pilar keempat dalam berdemokrasi.

DPC PDIP Tana Toraja Umumkan Pemenang Lomba Menulis Artikel di Bulan Bung Karno

“Lomba sejak 15 hingga 30 Juni 2020. Ada sejumlah karya yang masuk dari beberapa media yang ada di Toraja,” jelasnya.

Sementara itu Luther Patasik mengatakan ada beberapa kriteria penilaian artikel atau berita yang masuk. Artikel itu harus terkait dengan Bung Karno yang benar-benar sesuai dengan referensi yang ada, mengungkap hal yang baru, menggugah, mengandung kejutan dll.

DPC PDIP Tana Toraja Umumkan Pemenang Lomba Menulis Artikel di Bulan Bung Karno

Dikatakan dalam penilaian karya itu, pengurus DPC menunjuk tiga orang sebagai tim penilai yaitu Leonardus Tolande, Matias dan Luther Patasik. Dalam pengumuman pemenang lomba menulis artikel tentang Bung Karno dilaksanakan di Kantor DPC PDI Perjuangan Tana Toraja, Kamis (9/7).

Sejumlah pengurus teras PDI Perjuangan nampak hadir diantaranya Ketua DPC Yohanis Lintin, Bendahara Partai Djeny, Samuel Salenda, Matius, Luther Patasik, Agustina dan Nober Palalangan. Puluhan wartawan juga nampak menghadiri kegiatan itu.

DPC PDIP Tana Toraja Umumkan Pemenang Lomba Menulis Artikel di Bulan Bung Karno

Dalam mengumumkan pemenang juara, Tim Juri, Luther Patasik menyebut jika artikel yang masuk ke panitia semuanya karya yang bagus dan berkualitas. Namun karena harus pemenang maka yang terpilih adalah karya yang terbaik diantara yang terbaik dengan melihat kriteria yang telah ditentukan.

Adapun yang berhasil terpilih menjadi juara pertama lomba menulis artikel tentang Bung Karno adalah Irsad dari Zonakata.com dengan karya “Kisah Sedih Bung Karno Menghadiri Pernikahan Putrinya”, juara ke dua Jerni dari Palopo Pos dengan judul “Sang Proklamator” dan juara 3 Gibran Raka dengan judul artikel ” Keyakinan Sang Ibu Terbukti, Soekarno Menjadi Sejarah Negeri Ini“.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Longsor di Pangra’ta Makale Selatan, 3 Meninggal, 1 Belum Ditemukan

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Bencana tanah longsor juga terjadi di Dusun Pangra’ta, Lembang (Desa) Randanbatu, Kecamatan Makale Selatan, Tana...

Berita Lain