fbpx

Dipadati Orang Tua Peserta Didik, ESR Serahkan 1.900 Beasiswa PIP Jalur Aspirasi

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Ribuan orang tua peserta didik di Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) antusias mendapatkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP). Sebanyak 1.900 peserta didik mendapatkan beasiswa dari Kemendikbudristek pada tahap pertama.

Dari pantauan detikSulsel di gedung Tamuan Malik Tana Toraja, Rabu (30/8/2023) ribuan warga terlihat memadati ruangan untuk mendapatkan kartu PIP.

Warga tersebut merupakan orang tua siswa SD, SMP dan SMA/SMK se Kabupaten Tana Toraja.

“Senang, karena sudah ada bisa sedikit bantu ekonomi sekolahkan anak-anak. Jadi tidak terlalu berat pikirkan biaya sekolah,” kata salah seorang orang tua murid Kristina kepada detikSulsel, Rabu (30/8/2023).

Kristina mengungkapkan, dirinya yang hanya berprofesi ibu rumah tangga terbebani untuk menyekolahkan 3 anaknya yang duduk di bangku SD dan SMP. Sehingga kata dia, adanya PIP tersebut beban biaya sekolah anaknya berkurang.

“Sedikit berkurang beban karena tidak dipikir lagi biaya sekolah. Apalagi kita ini hanya ibu rumah tangga pak, anak 2 SD dan 1 di SMP, Puji Tuhan sudah saya dapat PIP ini,” ungkapnya.

Sementara itu anggota Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Nasdem Eva Stevany Rataba mengutarakan, PIP ini berguna untuk menekan angka putus sekolah di Tana Toraja. Menurutnya, salah satu daerah kategorikan maju dilihat dari sumber daya manusia (SDM) yang unggul melalui peserta didik.

“Ini beasiswa PIP melalui jalur aspirasi, jadi sebanyak 1.900 peserta didik SD, SMP dan SMA yang mendapat. Ini agar angka putus sekolah di Tana Toraja dapat ditekan,” ucapnya.

Eva menambahkan, orang tua tidak punya lagi alasan untuk tidak menyekolahkan anaknya. Sehingga dirinya sangat berharap beasiswa tersebut bisa digunakan dengan baik.

“Jangan lagi ada anak-anak kita yang putus sekolah hanya karena tidak ada biaya. Apa gunanya gedung mewah, sarana dan prasarana sekolah bagus tapi tanpa SDM yang unggul,” tandasnya.(Ari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tutup Pendaftaran, Partai Hanura Enrekang Bakal Proses 4 Bacabup

ZONAKATA.COM - ENREKANG Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) resmi menutup pintu pendaftaran bakal calon Bupati Enrekang, Minggu 19 Mei...

Berita Lain