fbpx
25 C
Makassar
Sabtu, 2 Juli 2022

Desa Rawan Pangan Mulai Berkurang, Bukti Inovasi Kadis Asman

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – BONE Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) terus gencar melakukan program percepatan ketahanan pangan di tengah pandemi, di antaranya dengan memanfaatkan area-area terbuka dan lahan tidur untuk dialihfungsikan menjadi lahan produktif.

Selain itu, Ketapang Bone juga mendorong sejumlah kelompok dengan memberikan bantuan benih, salah satunya kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) baru. Kepada KWT baru ini masing-masing diberikan 10 jenis benih sayuran.

Desa Rawan Pangan Mulai Berkurang, Bukti Inovasi Kadis Asman - Zonakata.com

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bone, Andi Asman Sulaiman mengatakan selain bantuan benih juga dilakukan pendampingan dengan harapan agar KWT baru ini bisa bermanfaat serta tepat sasaran dalam rangka mendukung beberapa program salah satunya pekarangan Pangan Lestari (P2L).

“Ini salah satu alasan kenapa kelompok baru ini mendapat pendampingan secara marathon yang dibina oleh Tim Terpadu Layar Hatiku di beberapa titik yang tersebar di 36 Desa dengan anggaran yang bersumber dari APBD Pokok 2021,” ungkap Andi Asman.

Dikatakan untuk kelompok binaan baru dimulai dengan anggaran yang kecil, sekitar 5 juta perkelompok. Setelah berhasil, kata Asman, baru menuju ke program lanjutan, dengan nama P2L, dimana akan diberikan bantuan dana 60 juta perkelompok, itu jika kelompok itu telah siap.

Untuk diketahui, sesuai data PSVA (Food Security and Vulnerability Atlas) dari 61 Desa dan Kelurahan rentang pangan/rawan pangan pada data terakhir 2021 menunjukan sisa 18 desa yang rawan pangan. Dari data FSVA itu terjadi penurunan yang cukup signifikan.

- ADS -

Ini juga menunjukkan kinerja tim baik internal Dinas Ketahanan Pangan maupun lintas OPD terjalin kerjasama yang baik.**

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Aksi Stop Stunting Door to Door, Edukasi Orang Tua Balita Cek Tumbuh Kembang Anak

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Tumbuh kembang anak menjadi fokus intervensi bagi tim pendamping gizi Aksi Stop Stunting Pemprov Sulsel. khususnya...

Berita Lain

- Advertisement -