fbpx

Dekranasda Tana Toraja Sambangi Kelompok Tenun To’ Buangin

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Ketua Dekranasda Tana Toraja, Yariana Somalinggi bersama sejumlah anggota menyambangi Kelompok Tenun To’ Buangin di Kelurahan Lion Tondok Iring, Kecamatan Makale Utara.

Kunjungan ini merupakan bagian identifikasi sentra kerajinan yang kini rutin dilakukan oleh Pengurus Dekranasda Tana Toraja. Ini dilakukan untuk mengetahui data serta potensi yang dimiliki oleh setiap pengrajin.

“Ini kita lakukan untuk mengetahui data-data pengrajin serta potensi kerajinan yang ada di Tana Toraja. Sehingga kedepan lebih mudah dalam memfasilitasi perkembangan industri kerajinan yang ada saat ini,” jelas Yariana Somalinggi, Selasa (11/5).

Untuk itu anggota DPRD Tana Toraja ini, mengharapkan agar pengrajin kain tenun di To’ Buangin agar senatiasa menjaga kualitas dan kuantitas hasil tenunannya.

Salah satu penenun di To’ Buangin Ma Jeki mengatakan jika penenun yang ada saat ini belajar atas inisiatif sendiri. Jika sudah mahir maka selanjutnya mengajar warga lainnya atau pun anak sekolah yang ingin belajar menenun.

“Kami belajar atas inisiatif sendiri. Jika sudah mahir baru mengajar yang lainnya. Bahkan alat tenun yang mereka gunakan pun diproduksi di lingkungan To’ Buangin sendiri,” jelas Ma Jeki.

Lebih jauh dikatakan jika Kelompok Tenun To’ Buangin baru bisa menenun motif Pamiring dan motif Lurik. Untuk itu mereka berharap pihak Dekranasda atau Pemerintah bisa memfasilitasi kami untuk belajar motif-motif lain lagi.

“Kami berharap Dekranasda bisa memfasilitasi kami untuk belajar motif-motif lainnya sehingga kain tenun produksi To’ Buangin bisa lebih variatif.” Pungkasnya.**

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Longsor di Pangra’ta Makale Selatan, 3 Meninggal, 1 Belum Ditemukan

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Bencana tanah longsor juga terjadi di Dusun Pangra’ta, Lembang (Desa) Randanbatu, Kecamatan Makale Selatan, Tana...

Berita Lain