fbpx

Damayanti Batti Palimbong Pimpin GOW Toraja Utara Periode 2023-2028

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Damayanti Batti terpilih sebagai Ketua Gabungan Organiasi Wanita (GOW) Kabupaten Toraja Utara periode 2023-2028.

Terpilihnya istri Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong itu disepakati pada Musyawarah Daerah (Musda) II GOW Toraja Utara dengan tema ‘Tingkatkan Kualitas SDM Perempuan Menghadapi Tantangan Ekonomi dan Perubahan Iklim’.

Dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Toraja Utara, Yermia Marewa di Hotel Madarana, Kecamatan Tallunglipu, Kamis (25/5/2023).

Musda diawali pembacaan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) oleh Ketua periode 2013-2018 dan 2018-2023, Rio Rytha Pakan dan jajaran pengurus.

Selama dua periode pimpin GOW di Toraja Utara, Rio Rytha berharap pengurus kedepan dapat melahirkan ide dan gagasan dari gabungan organisasi dan mengedepankan pelayanan.

“Pelayanan sebagai garda terdepan untuk membentuk karakter generasi bangsa, tugas kedepan tidak mudah maka itu terus tingkatkan diri dalam mengelola organisasi,” ujarnya .

Ia berharap bentuk perhatian dari pemerintah daerah terhadap GOW di Toraja Utara dan memberikan semangat kepada jajaran pengurus yang berasal dari sejumlah organisasi wanita agar memberi peran dan tanggungjawab.

Damayanti Batti selaku Ketua terpilih periode 2023-2028 menggantikan Rio Rytha Pakan membentuk kepengurusan baru yang mana pengurus diutus dari beragam organisasi wanita di Toraja Utara.

Menurutnya, wanita sebagai salah satu kekuatan sosial di dalam masyarakat mempunyai hak, kewajiban dan tanggung jawab yang sama dengan kekuatan sosial lainnya.

Tidak hanya itu, kata Damayanti juga Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Toraja Utara bahwa, wanita diikutsertakan dalam membangun bangsa dan negara berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 demi masa depan yang lebih baik bagi keluarga, masyarakat dan bangsa yang diberkati Tuhan Yang Maha Esa.

“Untuk meningkatkan fungsi dan peran wanita Indonesia, gabungan organisasi wanita bertekad mempersatukan diri dalam wadah yang menghimpun setiap potensi wanita Indonesia khususnya GOW Toraja Utara,” ucap Damayanti.

Lanjutnya, tujuan dari GOW diantaranya sebagai wadah perjuangan dan komunikasi antar wanita Indonesia khususnya Toraja Utara dan sebagai penggerak dan pendorong kaum wanita dalam proses pembangunan.

Beragam tantangan wanita Indonesia masa kini tidak dapat dihindari, melainkan wanita Indonesia harus memiliki daya juang dan kreativitas dalam mengelola rumah tangga, usaha maupun karirnya masing-masing,” terang Damayanti yang juga Wakil Ketua Dekranasda Toraja Utara itu.

Berikut bidang-bidang dalam struktur kepengurusan GOW Toraja Utara diantaranya Bidang Organisasi, Bidang Pendidikan, SDM dan Pemberdayaan Perempuan, Bidang Spiritual dan Budaya, Bidang Sosial dan Kesejahteraan Keluarga, Bidang Kesehatan dan Kependudukan, Bidang Lingkungan Hidup, Bidang Hukum dan Bidang Komunikasi dan Dokumentasi.

Bidang-bidang tersebut akan membuat program kerja yang realistis dan berdampak bagi masyarakat Toraja Utara.

“Partisipasi aktif dan ketulusan untuk memberi diri dari seluruh anggota akan sangat membantu tercapainya tujuan yang diharapkan, demi kesejahteraan masyarakat,” tutup Damayanti.

Hadir pada Musda II GOW Toraja Utara yakni Ibu Persit, Ibu Bhayangkari, WKRI, PWKI, Wanita Islam, Dharma Wanita, Muslimat NU, Fatayat NU, PD Aisyiyah, Nasyiyah, IBI, DWP dan PWGT. (*)

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Duta GenRe Kota Parepare Dapat Tiket Nasional Usai Raih Prestasi Juara 1 di Tingkat Provinsi

ZONAKATA, MAKASSAR - Dua duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Parepare berhasil meraih prestasi gemilang pada malam puncak Apresiasi Duta...

Berita Lain