fbpx

Dalam Waktu Dekat Ini, KSP Balo’ta Akan Menggelar Rapat Anggota Tahunan

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Balo’ta dalam waktu dekat akan melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang rencananya digelar di Hotel Misiliana Toraja Utara.

Hal tersebut tidak ditampik, Mika Malissa saat dikonfirmasi usai melaksanakan rapat panitia, di Kantor KSP Balo’ta Cabang Rantepao, Sabtu (4/6). Sayangnya Mika yang merupakan Ketua Panitia RAT, enggan berkomentar banyak saat ditanya soal pelaksanaan RAT.

“Panitia sudah ada sejak dulu, kita masih bicarakan masalah persiapan, termasuk akan audience dengan Kapolres Toraja Utara” ujar Mika singkat.

Meski begitu, sejumlah pihak menganggap pelaksanaan kegiatan ini sangat riskan atau berisiko dilaksanakan ditengah Pendemi Covid-19. Apalagi dalam RAT tersebut akan menghadirkan ratusan pengurus dari sejumlah daerah dimana ada kantor cabang KSP Balo’ta berada.

Diketahui penundaan Rapat Anggota Tahunan tahun 2020sebelumnya sudah pernah dibicarakan pihak KSP Balo’ta dengan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel di Hotel Puri Artha, Makale, pada 19 Juni 2020 lalu.

Dalam pertemuan itu nampak hadir jajaran Pengurus serta unsur Anggota KPS Balo’ta dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tana Toraja Anton Sera Sima. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel Abdul Malik Faizal saat itu mengimbau bagi Koperasi yang belum melaksanakan RAT agar di tunda, hingga pandemi Covid-19 ini reda.

Saat itu Abdul Malik Faizal menyebutkan jika ada surat dari Kementerian Koperasi dan UKM agar Koperasi di seluruh Indonesia yang belum melaksanakan RAT diimbau agar ditunda terlebih dahulu untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Surat dari Kementerian KUKM itu mengimbau agar setiap Koperasi yang belum melaksanakan RAT untuk dipertimbangkan ditunda. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” jelas Abd. Malik.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tana Toraja Anton Sera Sima yang juga hadir dalam pertemuan KSP Balo’ta dengan pihak Dinas KUKM Sulsel mendukung langkah KSP Balo’ta yang menunda sementara RAT. Anton kala itu mengatakan jika dalam kondisi force mayor (bencana non alam) RAT dimungkinkan untuk ditunda.

“Masalahnya RAT ini dipastikan akan menghadirkan ratusan orang peserta dan kondisi ini tidak memungkinan. Sehingga ada baiknya menunggu petunjuk dari pusat. Jika memungkinkan ya bisa dilaksanakan,” kata Anton.

Untuk diketahui Rapat Anggota Tahunan (RAT) ini merupakan agenda wajib dilakukan oleh koperasi. Pelaksanaan RAT dilakukan paling sedikit 1 kali dalam satu tahun buku dan RAT paling lambat dilaksanakan dalam jangka waktu 6 bulan setelah tutup buku.**

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mahasiswa KKN Unhas Bareng Pemkot Parepare dan TNI, Polri Gelar Kerja Bakti untuk Cegah Stunting

ZONAKATA, PAREPARE - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 112 Universitas Hasanuddin (Unhas) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Parepare, Babinsa,...

Berita Lain