fbpx

CCGT Turunkan Relawan dan Dokter Bantu Korban Longsor di Buntao Toraja Utara

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Crisis Centre Gereja Toraja (CCGT) turun langsung membantu evakuasi longsor dan korban di Tembamba, Kelurahan Tallang Sura, Kecamatan Buntao, Kabupaten Toraja Utara.

Puluhan relawan CCGT diturunkan membantu dan menyiapkan segala kebutuhan korban mulai dari nasi bungkus, bahan sembako, kendaraan pengangkut, ambulance dan kebutuhan lainnya.

Koordinator CCGT, Pdt. Yusuf Paliling berada di lokasi mengatakan relawan ditugaskan di lokasi bersama warga jemaat gereja yang hadir membantu menghibur korban longsor.

Baik itu korban yang mengalami luka-luka dan keluarga yang mengungsi akibat rumahnya rusak terkena material longsor.

“Kami hadir dan turut prihatin atas kondisi korban dan keluarga yang menunggu saat pencarian,” tutur Yusuf.

Pihak CCGT melakukan koordinasi ke Pemkab Toraja Utara melalui Dinas Sosial untuk menyediakan dapur umum di sekitar lokasi tenda posko yang didirikan.

Ada pula dua kendaraan double cabin disiapkan membawa bantuan sembako dan membantu warga terkena kerugian.

“Tim berkoordinasi dengan BPSW II, pihak RS. Elim Rantepao, para Majelis Gereja dan PWGT Jemaat Tembamba membuka posko di lokasi untuk membantu para relawan pencarian korban longsor dan keluarga korban pengungsi,” tambah Yusuf.

Ia berharap satu lagi korban yang belum ditemukan atas nama Margaretha Rembon (Mama Pika) masih dicari di tumpukan material longsor hingga Jumat (26/4/2024) malam ini.

Dari delapan korban tercatat, dua korban telah meninggal dunia atas nama Marthina Lintin yang sempat dilarikan ke RS Elim Rantepao karena kritis dan Margareta Tandek (Mama Ical) yang ditemukan sore tadi oleh tim dan warga setelah dinyatakan hilang bersama Mama Pika.

“CCGT menyiapkan dua peti jenazah untuk korban yang meninggal dunia dan sudah standby di ruang jenazah RS Elim Rantepao,” tambah Pdt. Yusuf.

Mewakili pengurus BPS Gereja Toraja dan warga Gereja Toraja, Yusuf menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya dua korban yang dilaporkan saat ini.

Juga kiriman doa kepada korban lain yang dirawat di rumah sakit dan Puskesmas Rantebua dan Buntao.

Diketahui kedelapan korban yang tertimbun longsor susulan pada pukul 10.00 Wita tadi merupakan warga Sangalla, Kabupaten Tana Toraja yang hendak menghadiri acara adat Rambu Solo di Tallang Sura.

Para korban turun dari truk dan menyeberangi material longsor, namun tanah di lokasi bergerak dan menimbun delapan korban dan dua rumah warga.

“Kami harap warga tetap waspada karena curah hujan masih tinggi, CCGT berkomunikasi ke keluarga untuk menyiapkan peti , siang dan malam disiapkan konsumsi, selain relawan tim pencari korban, juga diturunkan tim dokter dan barisan sigap bencana PPGT,” kunci Yusuf.

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Idul Adha 1445 H, Pemkab Toraja Utara Serahkan Hewan Kurban di Empat Masjid

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA   Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menyerahkan empat ekor hewan kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha...

Berita Lain