fbpx

Bupati Theofilus Harap Dekranasda Pacu Kreativitas Perajin Lokal

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung berharap agar pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Tana Toraja yang diketuai Yariana Somalinggi untuk segera bekerja dan memulai peluang usaha kerajinan dengan melihat potensi lokal yang ada.

Harapan ini disampaikan Theofilus saat melantik pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tana Toraja masa bakti 2021-2026 di ruang pola Kantor Bupati, Selasa (18/5).

Ia pun berharap jajaran pengurus dapat meningkatkan etos kerja, kebersamaan dan profesionalisme, sehingga kedepan Dekranasda Tana Toraja akan menjadi sebuah organisasi (wadah) yang solid, kreatif dan inovatif.

Bupati Theofilus Harap Dekranasda Pacu Kreativitas Perajin Lokal

“Kita punya bahan baku bambu yang melimpah, bagaimana para perajin dapat mendekatkan diri pada bahan baku yang ada. Disini Dekranasda segera memfasilitasi produk kerajinan yang sudah ada sehingga dapat lebih bernilai jual tinggi, dan dapat diproduksi lebih besar lagi,” ucap Theofilus.

Ia pun mengajak Dekranasda untuk melihat peluang yang ada, seperti di objek wisata Burake. Dengan berinovasi membuat miniatur patung yang diyakini dapat menjadi salah satu pendapatan bagi para perajin.

“Kedepan kita akan memanfaatkan Pasar Seni Makale sebagai media kerja dan edukasi bagi para pemuda-pemudi kreatif yang ingin belajar tentang kerajinan maupun seni. Kita akan bekerjasama serta melibatkan para perajin dan seniman yang ada di Tana Toraja dan akan difasilitasi oleh Dekranasda,” ungkapnya.

Hal ini menurut Bupati akan meningkatkan kualitas serta meningkatkan pemasaran hasil produksi. Selain itu, akan bermunculan perajin yang baru di Tana Toraja yang tidak lain bertujuan untuk pemulihan ekonomi secara bertahap dimasa pandemi ini.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pelantikan Pengurus Kelompok Kerja Bunda PAUD Tana Toraja yang diketuai oleh Erni Yetti Riman. Pelantikan yang mematuhi protokol kesehatan ini dihadiri Wakil Bupati, Zadrak Tombeg, Sejumlah Kepala OPD, Perwakilan Pengrajin, Praktisi dan penggiat UMKM Tana Toraja.

Kepada pengurus Bunda PAUD, Bupati memberikan wejangan bagaimana memberikan pendidikan sejak dini bagi anak-anak dan juga mengajarkan bagaimana menjalin kembali komunikasi yang baik didalam keluarga.

Dengan adanya komunikasi yang baik, kata bupati, harmonisasi didalam keluarga akan tercipta dan akan membawa dampak positif yang tentunya akan menyebarluaskan aura harmonis bagi masyarkat yang ada disekitarnya.

Anjas/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Longsor di Pangra’ta Makale Selatan, 3 Meninggal, 1 Belum Ditemukan

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Bencana tanah longsor juga terjadi di Dusun Pangra’ta, Lembang (Desa) Randanbatu, Kecamatan Makale Selatan, Tana...

Berita Lain