fbpx
22 C
Makassar
Selasa, 28 September 2021

Berwisata dan Berburu Kain Tenun Khas Kampung Adat Sarang Dena’ Simbuang

Populer

- ADS -

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Tana Toraja tidak hanya menyajikan panorama alam dan budayanya, Perkampungan Adat Tua Sarang Dena’ yang berada di Kecamatan Simbuang, masih melestarikan tenun tradisional dijaman modern saat ini.

Perkampungan adat tenun Sarang Dena’ ini berdiri kokoh diatas tebing yang berada di Lembang Pongbembe Mesakada, di ujung barat Toraja, dengan panorama alam khas pegunungan. Bahkan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun manca negara, untuk berwisata dan berburu kain tenun tradisional khas Toraja di Simbuang.

Para warga khususnya kaum ibu di kampung tenun ini, setiap harinya menenun, dengan menggunakan alat tradisional. Mereka dapat menghasilkan tenun yang dibuatnya menjadi sarung dan kain untuk pakaian.

Aktivitas menenun biasanya dilakukan di beranda rumah adat. Kain tenun yang dihasilkan sangat berkualitas dan bervariasi, bahkan kain ini pernah diberikan untuk Mufidah Jusuf Kalla, istri Wakil Presiden Jusuf Kalla ketika diadakan acara Toraya Mamali’ pada tahun 2006 lalu.

Meski pembuatan tenun yang masih tradisional dan memakan waktu hingga berbulan-bulan, namun produksi handmade (buatan/karya tangan) ini sangat berkualitas dan tahan lama. Hasil tenun seperti sarung Simbuang atau Tenun Padati itu harganya berkisar lima ratus ribu rupiah.

“Untuk membuat satu kain tenun, warga disini membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan. Harganya berkisar 500 ribu rupiah per kain tenun”, kata Mangose, salah satu warga Simbuang.

Nampak Kampung Adat Sarang Dena”, Lembang Pongbembe Mesakada, Simbuang.

Selain menawarkan hasil tenun yang berkualitas bagus, kampung Sarang Dena’ juga menyajikan panorama alam yang eksotis bagi para wisatawan, seperti deretan pegunungan dan persawahan terasering. Suasana alam yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri untuk menghabiskan akhir pekan di kampung ini.

Juf/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Relawan RAAS Tana Toraja Siap Dukung Mantan Mentan Pimpin Bangsa

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Relawan Andi Amran Sulaiman (RAAS) mulai terlihat dan terbentuk di beberapa daerah, termasuk wilayah...

Berita Lain

- Advertisement -