fbpx

Bawaslu Tana Toraja Gelar TOT Penguatan Saksi Pemilu 2024

Populer

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Bawaslu Tana Toraja menggelar Training of Trainer (TOT) penguatan kapasitas dan manajemen pengetahuan saksi peserta Pemilu.

Training of trainers ini diperuntukkan bagi seluruh saksi peserta Pemilu 2024 agar mereka siap melaksanakan tugasnya sesuai aturan di tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua Bawaslu Tana Toraja, Elis Bua Mangesa, mengatakan ToT dilaksanakan bagi saksi dari partai politik yang ada di Tana Toraja.

“Tujuan ToT ini untuk memastikan kesiapan seluruh saksi mendapatkan pengetahuan tentang pemungutan dan penghitungan suara di TPS,” kata Elis saat membuka ToT bagi saksi PDI Perjuangan, Jumat (2/2/2024).

Ia mengatakan, para saksi nantinya dapat memastikan dengan benar proses pemungutan sauara di TPS berjalan sesuai Undang-undang pemilu, yakni jujur, adil, umum, dan rahasia.

“Dengan adanya tambahan pengetahuan ini, mereka dapat memahami regulasi dan tata cara tahapannya,” ujarnya.

Sementara Komisioner KPU Tana Toraja, Intan Parerungan yang hadir sebagai narasumber dalam kegiatan itu mengatakan bahwa ToT ini dilakukan agar pemahaman saksi dengan petugas KPPS di TPS terkait tungsura sama.

“Melalui ToT ini kita harapkan para saksi nantinya dapat memahami proses dan tahapan di TPS yang dilakukan oleh petugas KPPS pada saat pemungutan suara,” ungkapnya.

Untuk diketahui Bawaslu Tana Toraja akan melakukan Training of trainers bagi seluruh saksi partai politik yang ada di Tana Toraja. Saat ini yang telah menjalani ToT saksi yakni Partai Nasdem, PKS dan PDI Perjuangan.

Anjas/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

492 KK Terdampak Banjir Makale Tana Toraja

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Sebanyak 492 kepala keluarga (KK) terdampak banjir di Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.Dominan korban...

Berita Lain