fbpx

Atlet Taekwondo dan Panahan Toraja Utara Raih Medali Emas Pada Porprov XVII Sinjai

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Cabang Olahraga (Cabor) Taekwondo Toraja Utara pada Porprov XVII Sinjai-Bulukumba berhasil meraih medali pertama.

Event empat tahun sekali itu sebagai ajang olahraga tingkat provinsi dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Suleman di kabupaten Sinjai, Sabtu (22/10).

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menurunkan para atlet di 12 Cabor.

Atlet Taekwondo dan Panahan Toraja Utara Raih Medali Emas Pada Porprov XVII Sinjai

Khsusus di Kabupaten Sinjai ada tujuh Cabor diperlombakan yakni Sepak Takrow, Karate, Futsal, Atletik, Panjat Tebing, Balap Motor/IMI dan Karate.

Sementara di Kabupaten Bulukumba ada lima Cabor yakni Taekwondo, Panahan, Billyard, Volly dan Tennis Meja.

Atlet Taekwondo bernama Vine Juliane meraih medali perunggu dan yang pertama pada kelas poomsae, disusul perunggu lewat atlet bernama Djody yang sempat cidera pada lutut kiri.

Pada kelas kyourugi, atlet bernama Sulistiawati turun di kelas under 53 putri yang merupakan atlet andalan Toraja Utara berhadapan atlet Tana Toraja bernama Aspindimana yang mana pernah bertemu di final para Praporprov setahun lalu.

Sementara under 58 putra bernama Andre Permana Pasaru juga berjumpa dengan atlit asal Tana Toraja sebagai duet duo Toraja di final yang sangat menyita adrenalin para penonton.

Sebab dengan jual beli tendangan yang dimana Sulistiawati maupun Andre selalu mendaratkan tendangan pada bagian kepala lawan dan berhasil meraih emas pada final yang berlangsung di Hotel Agri Bulukumba.

Sekretaris KONI Toraja Utara, Brikken Linde Bonting menyambut penuh bahagia hasil terbaik Cabor Taekwondo dihari pertama dengan meraih dua emas dan dua perak.

“Kita bangga dan haru atas pencapain ini, mereka adalah duta-duta olahraga yang telah berhasil mengibarkan bendera daerahnya di puncak tertinggi, berarti target Cabor Taekwondo sudah tercapai, semoga masih ada kejutan esok di pertandingan lainnya,” ujar Brikken, Senin (24/10).

Sementara Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong yang turut serta pada pembukaan PorProv XVII tahun 2022 dan menjumpai para atlet di lokasi pertandingan dan diberi kesempatan menyerahkan langsung medali emas kepada atlet Sulistiawati dan Andre.

Menurut Dedi Palimbong, capaian tersebut sangat luar biasa atas prestasi anak-anak kebanggaan Toraja Utara.

“Kami telah menyiapkan bonus kepada para atlet berprestasi yang telah membawah daerah kita, sekali lagi atas nama pemerintah daerah terima kasih atas raihan prestasi telah di torehkan, kedepan kita akan terus support cabor-cabor berprestasi,” ungkapnya.

Selain Taekwondo, Cabor Panahan berhasil mengukir prestasi dengan mempersembahkan satu medali emas atas nama Rahmat Ali dan satu medali perak atas nama Tania Regina.

Sementara Cabor Karate pada katak perorangan puteri atas nama Dini Andriani meraih medali perak.

Berikut Perolehan Medali Kontingen Toraja Utara pada Porprov XVII Sinjai-Bulukumba yakni Taekwondo 2 Emas, Panahan 1 Emas, Panahan 1 Perak, Karate 1 Perak dan Taekwondo 2 Perunggu. (*)

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Andi Sudirman Silaturahmi ke Rais Syuriah PWNU Sulsel AGH Baharuddin

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Andi Sudirman Sulaiman bersilaturahmi di kediaman Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sulsel AGH.KH.Dr.Baharuddin, MA,...

Berita Lain