fbpx

Mulai Rancu, Cabor Pemilik Suara di KONI Tana Toraja Disebut Bertambah

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Jelang akhir verifikasi berkas pencalonan ketua baru KONI Tana Toraja periode 2023-2027 panitia penjaringan bakal menambah Cabang Olahraga (cabor) pemilik hak suara.

Hal ini diungkap Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua Umum KONI Tana Toraja, Yosafat Sampe di Makale (9/10/2023) malam.

Diketahui sebelumnya, ada 23 cabang olahraga yang dinyatakan memiliki hak suara dalam pencalonan ketua baru KONI Tana Toraja untuk periode 2023-2027.

Namun belakangan disebut-sebut akan bertambah menjadi 27 cabang olahraga.

“Belum bisa kita pastikan apakah tetap atau bertambah, tapi kalau kasat mata kelihatannya bertambah,” ungkap Yosafat Sampe.

Namun seiring itu, isu berhembus, upaya ini dilakukan untuk memuluskan langkah Daniel Bemba, salah satu bakal calon yang juga petahana KONI Tana Toraja.

Apalagi dua lawan Daniel telah mengantongi dukungan cabor lebih dari yang dipersyaratkan.

Seperti dr Elia Tombeg yang didukung oleh 10 cabang olahraga, kemudian Indra Batara 8 cabang olahraga. Artinya, dari 23 cabor pemilik hak suara, hanya menyisakan 5 cabor untuk Daniel Bemba.

Namun Yosafat menepis isu tersebut. Menurutnya, penambahan cabor ini sesuai dengan aturan AD-ART KONI Tana Toraja dan pedoman dari KONI Sulawesi Selatan.

“Jika ada isu seperti itu tidak benar, untuk penambahan cabor sesuai mekanisme AD-ART dan pedoman dari KONI provinsi (Sulsel),” ujarnya.

Untuk diketahui, pendaftaran Calon Ketua KONI Tana Toraja telah ditutup pada 7 Oktober 2023 lalu.

Ada tiga nama yang mendaftar. Mereka adalah petahana Ketua KONI Tana Toraja, Daniel Bemba, penyidik BNNK Tana Toraja, Indra Batara, dan dr Elia Tombeg yang merupakan anak Wakil Bupati Tana Toraja, dr Zadrak Tombeg.

Saat ini, 8 hingga 10 Oktober 2023 panitia memverifikasi berkas pendaftar.

Verifikasi itu untuk memeriksa dokumen yang dipersyaratkan, menentukan cabang olahraga (cabor) mana yang memiliki hak memilih, kemudian memeriksa surat dukungan dari cabor setiap pendaftar.

Khusus surat dukungan cabor, panitia akan mengecek apakah ada dukungan ganda cabor kepada lebih dari satu bakal calon. Kemudian, setelah verifikasi berkas akan dilakukan penetapan bakal calon pada 11 Oktober 2023.

Tom/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Duta GenRe Kota Parepare Dapat Tiket Nasional Usai Raih Prestasi Juara 1 di Tingkat Provinsi

ZONAKATA, MAKASSAR - Dua duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Parepare berhasil meraih prestasi gemilang pada malam puncak Apresiasi Duta...

Berita Lain