fbpx

25 Anggota DPRD Tana Toraja Kembali Bertarung di Pileg 2024

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Sebanyak 25 dari 30 anggota DPRD Tana Toraja kembali bertarung di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Tiga diantaranya naik tingkat ke DPR RI dan DPRD Provinsi sedang dua diantaranya belum diketahui arah politiknya.

Ketiganya yakni Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi yang mencoba peruntungan dengan maju sebagai Caleg DPR RI dari Partai Golkar. Ketua DPRD tiga periode ini akan maju di Daerah Pemilihan Sulsel 3 yang meliputi Luwu Raya, Toraja, Enrekang, Sidrap dan Pinrang.

Sementara Yariana Somalinggi (Partai Golkar) dan DR Kristian HP Lambe (Partai Demokrat) akan maju sebagai calon anggota DPRD Provinsi. Sedangkan Drs Lita dari Partai Berkarya dan Timotius Tumbu dari PKPI masih bertahan dipartainya masing-masing.

Seperti diketahui Partai Berkarya maupun Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) tidak lolos sebagai partai politik peserta pemilu 2024. Sehingga untuk maju sebagai bakal calon legistif (Bacaleg) keduanya harus pindah ke partai lain yang lolos pemilu.

Sementara anggota DPRD Tana Toraja lainnya akan kembali bertarung di daerah pemilihannya masing-masing. Dihimpun reporter Zonakata.com dari sejumlah parpol yang memiliki kursi di DPRD Tana Toraja ada 25 petahana yang akan kembali maju dan kini telah terdaftar sebagai bacaleg.

Diketahui Yariana Somalinggi dan Kristian Lambe naik tingkat sehingga di dapil 1 yang meliputi Kecamatan Makale dan Makale Selatan tinggal Andarias Tadan (HANURA), Yohanis Lintin Paembongan (PDIP), Evivana Rombe Datu (NASDEM) dan Yulius Paturu (PERINDO) petahana yang akan maju.

Didapil 2 yang meliputi Kecamatan Mengkendek dan Gandangbatu Sillanan, sejumlah petahana kembali maju seperti Leonardus Tallupadang (GERINDRA), Ikal Paterson (PDIP), Kendek Rante (GOLKAR), Nicodemus P. Mangera (GOLKAR) dan Johanis Lithang Tombilangi (NASDEM).

Didapil 3 meliputi Kecamatan Bonggakaradeng, Rano, Simbuang dan Mappak, semua petahananya kembali maju seperti Agustinus Patinggi (GOLKAR), Andareas Tangdirerung (NASDEM) dan Aser Pakabu (DEMOKRAT).

Untuk Dapil 4 yang meliputi Kecamatan Bittuang, Masanda, Saluputti dan Kurra, ada empat petahana yang akan kembali bertarung seperti Yunus Retu Tandililing (GERINDRA), Yakobus Tonglolangi’ (HANURA), Christian Talebong (PDIP) dan Semuel Pali’ Tandirerung (NASDEM).

Sedang didapil 5 meliputi Kecamatan Rembon, Malimbong Balepe’ dan Rantetayo seluruh incumbentnya kembali maju seperti Sony Palulungan (HANURA), Martinus Paonganan (PDIP), Bertha Pidun (GOLKAR), Yuli Sarangga (NASDEM) dan Yusuf Palebangan Pillo (DEMOKRAT).

Sementara didapil 6 meliputi Kecamatan Makale Utara, Sangalla, Sangalla Utara dan Sangalla Selatan seluruh petahanannya juga kembali bertarung yakni Stepanus Malluangan (PDIP), Randan P Sampetoding (GOLKAR), Paris Palinggi Allorerung (NASDEM) dan Andrew Tulak (DEMOKRAT).

Tim/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Badan Adhoc untuk Pilkada 2024 Bakal Direkrut Ulang

ZONAKATA.COM - JAKARTA Menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal merekrut ulang petugas badan adhoc.Badan adhoc...

Berita Lain