fbpx

Wabup Dedi Palimbong Sebut Tujuh Ribu Anak Toraja Utara Beresiko Stunting

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong menyebut penanganan anak beresiko Stunting harus menjadi perhatian serius sejumlah pihak, terutama pemuda.

Hal itu disampaikan saat menghadiri pelantikan pengurus DPD II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Toraja Utara di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Senin (17/10).

Wabup Dedi Palimbong sapaan Frederik Victor Palimbong mengatakan, induk organsiasi pemuda yakni KNPI agar dapat bersinergi untuk program-program pemerintah, terutama penanganan Stunting di daerah.

Menurutnya penyebab resiko Stunting disebut 4T yaitu terlalu muda, terlalu tua, terlalu dekat dan terlalu banyak.

“Kita di Toraja Utara masalahnya terlalu muda akibat kehamilan muda, belum lagi sanitasi kesehatan lingkungan yang belum baik dan faktor kemisikinan,” ujarnya.

Kata Dedi, hasil tim audit kasus Stunting dilaporkan ada tiga kecamatan paling tinggi resiko Stunting yaitu pertama Sa’dan yang memiliki 1.880 kepala keluarga masuk kategori miskin, selanjutnya urutan kedua yakni kecamatan Tikala dan ketiga, Buntupepasan.

“Prevalensi di Toraja Utara capai 32 persen, artinya 7.000 anak sedang menghadapi resiko Stunting, padahal target nasional 14 persen menurunkan dan mencegah kasus harus kita capai,” ungkapnya.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Toraja Utara itu menyebut bahwa kita ini sedang tidak baik saja dalam penanganan kasus Stunting.

“Masalah Stunting ini PR kita bersama, pembangunan jalan dan jembatan tidak perlu terlalu dituntut dulu tapi kita harus terjun langsung jalankan program untuk pengembangan SDM dan sosial,” tutup Dedi. (*)

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Badan Adhoc untuk Pilkada 2024 Bakal Direkrut Ulang

ZONAKATA.COM - JAKARTA Menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal merekrut ulang petugas badan adhoc.Badan adhoc...

Berita Lain