fbpx
25 C
Makassar
Kamis, 28 Oktober 2021

Usai Divaksin Covid-19, Puluhan Mahasiswa IAKN Toraja Dilarikan ke Rumah Sakit

Populer

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Sebanyak 21 mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja terpaksa dilarikan ke rumah sakit usai menerima vaksin jenis AstraZeneca, Minggu (26/9). Ke 21 mahasiswa tersebut, dominan mengeluh pusing, menggigil dan sakit badan.

Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja, dr Ria Minolta menjelaskan, keluhan yang dirasakan para mahasiswa merupakan efek dari vaksin AstraZeneca.

“Iya, ada 13 orang dirawat di RS Fatima dan delapan orang di RS Sinar Kasih. Rata-rata pusing, menggigil dan sakit badan, tapi semuanya gejala ringan dan memang efek dari vaksin itu,” ungkap dr Ria, Senin (27/9).

dr Ria mengaku sempat menemui mahasiswa yang masuk rumah sakit. Mereka yang masuk rumah sakit rata-rata divaksin saat dalam kondisi kelelahan. Ada juga yang begadang sebelum divaksin serta memiliki penyakit kronis.

“Rata-rata divaksin siang hari setelah kuliah. Ada yang mengaku habis begadang, banyak tugas, kelelahan, dan ada juga yang memiliki penyakit kronis seperti maag jadi muntah-muntah,” jelasnya.

- ADS -

Meski begitu kata dia, kondisi mahasiswa yang masuk rumah sakit sudah membaik. Bahkan hari ini atau besok mereka sudah di ijinkan pulang ke rumah masing-masing.

“Sebelum vaksin sebaiknya istirahat cukup, kondisi badan fit, sudah sarapan, tidak stres, dan intinya berpikir positif saat divaksin,” katanya.

Sebagai informasi, mahasiswa IAKN disuntik vaksin AstraZeneca pada Minggu 26 September 2021. Vaksinasi yang digelar oleh PMI, HIPMI dan KNPI Tana Toraja itu dilaksanakan disekitar lokasi kampus IAKN Toraja yang diikuti sebanyak 612 mahasiswa.

Toru/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

2 KOMENTAR

  1. Untuk itulah jangan dipaksakan dulu disuntik klu ada keluhan kondisinya tdk stabil…berikan waktu untuk menjaga kondisi yang baik beberapa hari kemudian divaksin🙏🙏

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Tingkatkan Militansi, PDI Perjuangan Tana Toraja Gelar Pendidikan Kader

ZONAKATACOM - TANA TORAJA Sejumlah partai politik mulai memanaskan mesin partainya menatap pemilu 2024 . Salah satunya adalah PDI...

Berita Lain

- Advertisement -