fbpx

Toraja Coffe Festival 2023 Bakal Digelar, Kopi Toraja Andalan Belajar Tentang Kopi

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Toraja Coffee Festival (TCF) 2023 ‘Make Toraja Coffee Great Again’ akan digelar di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Tak hanya di Toraja Utara, Tana Toraja juga mengambil bagian pada event dan rencananya dihadiri langsung Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman (Andalan).

Event Kopi Toraja Andalan akan digelar mulai tanggal 24-26 Agustus 2023 atas kerjasama Pemerintah Provinsi Sulsel, Pemkab Toraja Utara, Bank Sulselbar dan Masyarakat Sadar Wisata (Masata) DPC Toraja Utara.

Toraja Coffe Festival 2023 Bakal Digelar, Kopi Toraja Andalan Belajar Tentang Kopi

Hal itu disampaikan saat konferansi pers TCF 2023 di Cafe Tori Rantepao yang dihadiri Wakil Bupati Toraja Utara, Frederick Victor Palimbong, Ketua Masata DPC Toraja Utara, Damayanti Batti, Ketua Panitia, Citra Wulandari Palangan dan panitia serta komunitas penggiat kopi atau barista.

Citra menyampaikan melalui event Toraja Coffee Festival tahun ini akan mendatangkan para barista dan penggiat kopi dari berbagai daerah, terutama Sulsel yang nantinya akan sharing bersama tentang kopi.

Sejumlah kegiatan digelar nantinya yaitu Barista Competition yang akan dilakukan format throwdown pada babak penyisihan-semifinal, lalu open service pada final stage yang saat ini sudah mencapai 70 orang peserta dan bukan hanya dari Toraja saja tapi juga dari berbagai daerah.

Selanjutnya Workshop Barista Pemula yang terbuka untuk umum di Gedung Van De Loosdrecht Rantepao pada 26 Agustus 2023 nanti, dibawakan instruktur barista dari Common Ground dan baru saja menjuarai Indonesia Barista Championship 2023 yakni Patrik Vinsensius.

“Ada juga rangkaian kegiatan seperti barista camp activity yang dimulai dari panen, roasting dan sharing tentang kopi di salah satu kebun wilayah Sesean Suloara sebagai bagian promos kita memperkenalkan kopi Toraja,” ujar Citra, Kamis (17/8/2023).

Lanjut Citra yang juga owner Cafe Tori dan pemegang Q Grader Arabica itu mengatakan, ada kegiatan latte art dan manual brew competition tanggal 25-26 Agustus 2023 mendatang yang diikuti para penggiat kopi di Sulsel.

“Acara lainnya ada pameran kopi dan UMKM pendukung, TCF Fun Run 8K bekerjasama komunitas Run Toraja, kompetisi video kreatif tentang kopi Toraja melalui tiktok, games dan live musik,” pungkasnya.

Total hadiah disiapkan Rp. 27 juta dan didukung komunitas kopi dan lainnya hingga sejumlah sponsor dengan harapan masyarakat dapat memberikan support positif dan bersama-sama ngopi di TCF 2023 Kopi Toraja Andalan.

Turut andil sebagai penyelenggara, Damayanti Batti mengatakan kopi juga bagian dari ketertarikan wisatawan ke Toraja, sehingga melalui event tersebut dapat memberi keuntungan bagi penggiat kopi, termasuk petani kopi.

“Banyak ilmu positif dan pengetahuan tentang kopi melalui event Kopi Toraja Andalan ini, kami butuh dukungan banyak pihak dalam membantu pemerintah kembangkan kopi sebagai bagian promosi pariwisata Toraja,” terangnya.

Sementara Wabup Dedi Palimbong menyampaikan bahwa, ide awal Toraja Coffee Festival ini bermula dari Bapak Gubernur Andi Sudirman Sulaiman saat ngobrol tentang kopi dan sangat menginginkan kopi Toraja terus berjaya.

“Pak Gubernur sangat serius membangkitkan kembali kopi Toraja, baik itu dari kualitas dan kuantitasnya, di Toraja Utara banyak yang tanam kopi tapi perawatan tanaman perlu untuk dipermantap,” ungkapnya.

Dedi berharap melaui event ini dengan menghadirkan pakar kopi nantinya dapat mengembalikan kejayaan kopi Toraja dengan dukungan penuh Pemprov Sulsel dan Bank Sulselbar.

“Tepat Hari Jadi Kabupaten Tana Toraja pada minggu akhir bulan Agustus di Makale juga akan digelar pameran kopi bagian dari event ini yang diikuti Bapak Gubernur, apalagi tidak lama lagi Toraja Highland Festival (THF) 2023 juga akan dilaksanakan pameran,” tutup Dedi yang juga Ketua Palang Merah (PMI) Toraja Utara.

Pendaftaran kompetisi melalui barcode dan seputar informasi melalui akun instagram @festivalkopi.toraja (*)

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

TSM Resmikan Posko Induk HSL Special Force’s

ZONAKATA, PAREPARE – Bakal Calon Wali Kota Parepare, Tasming Hamid (TSM) hadir dan meresmikan langsung Posko Induk HSL Special...

Berita Lain