fbpx

Tiga ASN Ikut Nyaleg di Tana Toraja, Sudah Mengundurkan Diri ?

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Pemilu 2024 di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan diikuti berbagai pihak, tak terkecuali para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dihimpun zonakata, sedikitnya ada tiga ASN yang ikut nyaleg DPRD Tana Toraja. Mereka adalah, Dahlan Kombong Bangnga Padang, Drs. Sinai dan Yohanis Napan.

Dahlan merupakan mantan Camat Sangalla dan pegawai di Dinas Pendidikan Tana Toraja. Ia saat ini bertugas di Setda Tana Toraja.

Dahlan mendaftar bakal calon legislatif (bacaleg) melalui partai Gelora.

Kemudian Drs. Sinai merupakan Kepala Sekolah di SMAN 12 Tana Toraja hingga saat ini. Namanya masuk salah satu bacaleg Nasdem Tana Toraja di Dapil 3.

Sedangkan Yohanis Napan diketahui adalah Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Tana Toraja. Yohanis siap bertarung mengendarai Partai Golkar.

Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tana Toraja, Jimmi Mamile menjelaskan, ASN yang mendaftar bakal calon legislatif harus mengundurkan diri sebagai ASN.

Sejauh ini kata dia, pihaknya baru menerima pengunduran diri dari satu orang, yakni Yohanis Napan.

“Jadi awalnya itu ditujukan ke Bupati, terus disposisi ke BKD. Kami tidak tahu ada berapa ASN ikut (bacaleg) karena sampai saat ini baru satu yang masuk surat pengundurannya,” kata Jimmi via seluler Senin (19/6/2023).

Kalau yang kami terima ini atas nama Yohanis Napan, suratnya masuk dua pekan lalu,” paparnya.

Dengan demikian, Dahlan Kombong Bangnga Padang sebagai ASN lingkup Pemkab Tana Toraja belum mengajukan surat pengunduran diri.

Sementara, Drs Sinai sebagai ASN Pemprov Sulsel saat dikonfirmasi mengaku belum menyerahkan surat pengunduran kepada instansi terkait.

Ia beralasan, berkasnya tersebut masih berproses. Sinai pun tak khawatir dirinya yang masih aktif sebagai Kepala Sekolah namun sudah bergabung sebagai anggota partai politik.

Belum, masih berproses. Saya kira masih normal karena baru mendaftar,” ujarnya terpisah.

Diberitakan sebelumya, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung mengeluarkan Surat Edaran terkait pengunduran diri bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ingin maju sebagai calon Legislatif pada Pileg 2024.

Dalam edarannya Bupati Theofilus menegaskan bagi ASN yang ingin maju sebagai caleg DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten, sebelum mendaftar untuk terlebih dahulu mengajukan pengunduran diri sebagai ASN kepada bupati.

“Bagi setiap ASN yang ingin maju sebagai calon legislatif untuk terlebih dahulu mengajukan pengunduran diri sebagai ASN. Dan surat pengunduran diri itu tidak dapat ditarik kembali,” jelas Theofilus dalam surat edaran itu.

Surat edaran bupati itu juga berlaku bagi Kepala Lembang (Desa) yang ingin mencalonkan diri sebagai caleg.

Mereka harus mundur dari jabatannya, termasuk bagi perangkat lembang dan anggota Badan Permusyawaratan Lembang (BPL).

“Bagi Kepala Lembang, perangkat lembang dan BPL yang ingin mencalonkan diri sebagai caleg harus mengundurkan diri. Dan surat pengunduran diri itu tidak dapat ditarik kembali,” tegas surat edaran itu.

Surat Edaran Bupati Tana Toraja itu tertanggal 5 Juni 2023 dengan nomor 112/VI/2023/Setda Tentang Pengunduran Diri Aparatur Sipil Negara, Kepala Lembang, Perangkat Lembang, dan Badan Permusyawaratan Lembang atas Keikutsertaan sebagai Calon Legislatif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tasming Hamid Dapat Ratusan Dukungan dari Tim Achmad Ariady

ZONAKATA.COM, PAREPARE - Caleg terpilih partai NasDem Kota Parepare Achmad Ariady menghadirkan ratusan tim pemenangannya mendeklarasikan diri mendukung penuh...

Berita Lain