fbpx
24 C
Makassar
Kamis, 20 Januari 2022

Tertunda Karena Kendala Teknis, TIF Akhirnya Sukses Menggelar Pertunjukan Seni Budaya

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Toraja International Festival (TIF) 2021 yang digelar di Rante Buntu Tempon, Lembang Palangi’, yang sempat tertunda karena genset panitia rusak, akhirnya dibuka langsung Resa Fahlevi, Direktur Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Ivent Daerah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ajang perhelatan akbar bertaraf internasional yang dibuka pada Sabtu (4/9) malam namun baru bisa dilanjutkan pada Senin (6/9) malam, setelah listrik disambung langsung dari kabel PLN ke lokasi kegiatan, sehingga pagelaran seni budaya yang digelar tiap tahun tersebut bisa terlaksana dengan baik.

Tertunda Karena Kendala Teknis, TIF Akhirnya Sukses Menggelar Pertunjukan Seni Budaya - Zonakata.com

Pagelaran Seni Budaya yang ditunda karena guyuran hujan dan kerusakan genset. Pada Minggu malam para peserta akhirnya tampil memukau, walau sudah tak disaksikan lagi oleh Resa Fahlevi, yang sebelumnya membuka acara Toraja Internasional Festival.

Kegiatan yang dinanti-nanti warga Toraja tersebut, dianggap sejumlah pihak tak maksimal, sebab tempat pelaksanaan acara jauh dari ibu kota kabupaten, namun langkah tersebut diambil pemerintah, sebab saat ini masih dalam situasi penyebaran pandemi Covid-19.

Festival ini menggelar berbagai antraksi seni dan budaya dari berbagai daerah, salah satunya penampilan tari api yang di peragakan oleh beberapa perempuan cantik asal Kabupaten Gowa.

Tertunda Karena Kendala Teknis, TIF Akhirnya Sukses Menggelar Pertunjukan Seni Budaya - Zonakata.com
- ADS -

Sementara itu, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang mengatakan, acara Toraja International Festival 2021 terselenggara atas dukungan Kementrian Pariwisata dan semua pihak, sehingga diharapkan dapat mengangkat kearifan lokal masyarakat Toraja.

“Kegiatan ini terselengara berkat sposor dari Kementerian Parawista, dan kami atas nama Pemerintah Daerah berterimakasih atas kepercayaan ini untuk melaksanakan Festival, dan tentunya kedepan apabila ada kegiatan seperti ini kami akan mempersiapkan lebih matang lagi karena ini bisa mengangkat kearifan lokal masyarakat Toraja”. Ujar Yohanis Bassang saat ditemui usai kegiatan TIF.

Ajir/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Plt Gubernur Sulsel Imbau Warga Kurangi Mobilitas

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap waspada di tengah lonjakan kasus Covid-19. Untuk di Sulsel, perkembangan kasus...

Berita Lain

- Advertisement -