fbpx
24 C
Makassar
Minggu, 27 November 2022

Teroris MIT Diduga Dibalik Pembunuhan Sadis 4 Warga Toraja di Poso, Berikut Kronologinya

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – POSO Kelompok Teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso, Sulawesi Tengah diduga dalang pembunuhan 4 orang warga di Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, pada Selasa (11/5) pagi. Keempat warga asal Toraja itu merupakan petani di desa setempat.

Keempat warga yang tewas dibantai itu yakni Marten Solo alias Pa Dewi (52 tahun), Simson Susa alias Ne Uban (61 tahun), Paulus Pa’pa (42 tahun) dan Lukas Lese’ (50 tahun). Berikut kronologi aksi pembunuhan MIT di pegunungan Pohu Desa Kalimago.
  
Sekitar pukul 07.00 Wita, Kila (25 tahun) menuju kebunnya, namun belum sampai dikebunnya ia melihat melihat anggota MIT yang dipimpin Qatar bersama 4 orang lainnya mengarah kekebunnya.

Kila yang hapal betul dengan wajah Qatar langsung melarikan diri. Ia masih sempat singgah di Pondok Simson Susa (Ne’ Uban) dan Marten Solo (Papa Dewi) untuk mengajaknya lari, namun dijawab tidak usah lari itu bukan MIT itu palingan anggota (aparat)

Tiba di Desa Kalimago sekitar pukul 09.00 Wita, Kila langsung menceritakan keberadaan Qatar dkk kepada warga. Warga langsung menghubungi Imbing (teman Serka Sukardi). Kemudian Serka Sukardi merapat ke TKP dan menghubungi Satgas Madago Raya yang ada di wilayah Napu.

Sekitar Pukul 10.00 Wita Serka Sukardi ditemani warga merapat ke TKP. Sampai di kawasan perkebunan warga, terdapat satu motor Vega R milik saksi (Kila), yang diduga akan dibakar oleh kelompok MIT.

- ADS -

Pada pukul 11.00 Wita dua anggota Densus 88 bersama satu personil Polsek Napu didampingi warga mengecek pondok milik Marten Solo. Di pondok itu petugas menemukan Marten dengan luka kepala terpisah dengan badan di dalam pondok kebunnya sedangkan Simson dengan luka digorok di leher tidak putus berada di depan Pondok.

Pukul 11.20 Wita pasukan gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Madago Raya tiba di TKP dan masuk menutup jalan yang di perkirakan dilewati oleh kelompok MIT tersebut. Kemudian Helikopter milik TNI tiba di TKP untuk mengevakuasi korban di Perkebunan Puho. Sekitar pukul 13.45 Wita proses evakuasi korban selesai dan menuju lapangan bola Desa Kalimago.

Pukul 14.00 Wita anggota Gabungan melakukan penyisiran di sungai di sekitaran Perkebunan Pohu. Satu jam kemudian di Pegunungan Petiroa Desa Kalimago Kecamatan Lore Timur dengan CO. 14166- 33063 terdapat korban dua orang di mana jarak dari TKP pertama dengan TKP kedua sekitar kurang lebih berjarak 2 kilometer.

Ditempat itu ditemukan korban yakni Paulus Papa dan Lukas Lesek. Di TKP Paulus ditemukan terbunuh di pondoknya, sedangkan Lukas Lesek di bunuh di lokasi kebun dimana disamping korban terdapat mesin rumput.

Menurut keluarga korban di pondok Marten Soso ada uang tunai sebesar Rp. 5 juta rupiah hilang dan diperkirakan diambil oleh OTK. Sedangkan Paulus Papa sudah bermalam di pondok kebunnya sehari sebelumnya sedangkan Lukas Lese’ baru kekebunnya di pegunungan Patiroa pada hari kejadian.

Rls/Juf/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Wabup Zadrak Tombeg Lepas Peserta Fun Run Toraja & Beyond Tourism Festival

Fun Run 2022 Toraja & Beyond Tourism Festival di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan diikuti ratusan peserta di seputaran Plaza Kolam Makale, Sabtu (26/11).

Berita Lain

- Advertisement -