fbpx

Tak Satupun Desa Wisata di Toraja Utara Lolos 75 Besar, Wabup: Intorspeksi dan Berbenah

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Dari empat Desa Wisata di Kabupaten Toraja Utara yang lolos 300 besar, tak satupun berhasil lolos pada 75 besar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023.

Hal itu serupa dialami Kabupaten Tana Toraja, yang sebelumnya tiga desa wisata lolos yaitu Desa Wisata Tumbang Datu, Desa Wisata Buntudatu dan Desa Wisata Saluallo.

Namun, baik Tana Toraja maupun Toraja Utara tak satupun mewakili Toraja di Sulawesi Selatan yang masuk dalam 75 besar ADWI yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Keempat desa wisata Toraja Utara dimaksud yakni Desa Wisata Panta’nakan Lolo Kesu’, Desa Wisata Lolai, Desa Wisata Landorundun dan Desa Wisata Sangbua.

Tak Satupun Desa Wisata di Toraja Utara Lolos 75 Besar, Wabup: Intorspeksi dan Berbenah

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menanggapi keputusan Kemenparekraf RI dan menerima kenyataan bahwa tidak adanya satu pun desa wisata lolos pada ADWI 2023.

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong menjelaskan, hasil tersebut sebagai momentum bagi pemerintah maupun pelaku pariwisata untuk lebih introspeksi dan berbenah.

“Daerah lain lebih baik dalam hal persiapan untuk seleksi tahun ini, dan kita sudah persiapan khusus meliputi kriteria-kriteria dimaksud,” ujarnya, Kamis (23/3/2023).

Kriteria dimaksud yaitu persyaratan pada desa wisata diantaranya adanya Homestay, toilet, kelembagaan desa wisata, CHSE, daya tarik atau atraksi, digitalisasi dan pengembangan souvenir dari UMKM setempat.

Lanjut Dedi Palimbong sapaan akrab Frederik Victor Palimbong, pemerintah daerah akan terus membangun kolaborasi bersama pengusaha, akademisi, masyarakat dan peran penting media.

“Mari kita bersama akan menengulangi skala prioritas pada pemulihan dan pengembangan pariwisata sebagai sebuah industri,” pungkasnya.

Menurut Dedi, ditengah keterbatasan anggaran, pengembangan pariwisata harus ditempatkan sebagai prioritas tertinggi sama seperti pelayanan kesehatan, peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Terpilih Aklamasi, Bung Iin Nahkodai Taekwondo Tana Toraja

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Pradyan Rizky Londong Allo akhirnya terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Taekwondo Tana...

Berita Lain