fbpx

Sebulan Dokter Puskesmas di Simbuang Tak Masuk Kerja, Pemkab Tana Toraja Tidak Tahu

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA   Dokter umum yang bertugas di Puskesmas Lekke, Kecamatan Simbuang, Tana Toraja, dr Ledi Liberti ternyata sudah sebulan lebih meninggalkan tempat tugasnya, tepatnya sejak 28 Maret 2024 lalu.

Hal ini menguat usai kejadian seorang warga Simbuang yang terpaksa melahirkan di pinggir jalan saat hendak dirujuk ke Kota Makale lantaran tak ada dokter serta fasilitas kesehatan yang memadai di Puskesmas Lekke.

Mirisnya, bayi sang ibu beberapa saat setelah dilahirkan dinyatakan meninggal dunia. Jenazahnya kemudian dibawah warga kembali ke kampung halamannya.

Sedangkan ibu bayi kembali di tandu warga ke Puskesmas Lekke untuk menjalani perawatan medis.

Tidak tersedianya dokter dalam waktu yang lama ini juga dibenarkan oleh Kepala Lembang (Desa) Makkodo, Kecamatan Simbuang saat dikonfirmasi via seluler Minggu 13 Mei 2024.

Sukardi Kombong Kila’ mengungkapkan bahwa satu-satunya dokter yang masih stanby di Puskesmas Lekke yakni dokter gigi.

Sedangkan dokter umum yang ditugaskan melalui program Nusantara sehat sudah lama tidak menjalankan tugas dan tanggungjawabnya selaku dokter yang dipercayakan menangani pasien di Simbuang.

“Yang ada di Puskesmas Lekke hanya dokter gigi sedangkan dokter umum yang dari Nusantara sehat sejak tanggal 28 maret lalu sudah tidak ada dilokasi sampai sekarang,” ungkap Sukardi.

Sementara itu, Pemkab Tana Toraja melalui Plt Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja, Yosefina Rombetasik membenarkan hal tersebut.

Meski dirinya juga mengakui baru mengetahui hal tersebut setelah melakukan konfirmasi dengan Kepala Puskesmas Lekke.

Akibat kelalaian dr Ledi Liberti, PLT Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja akan memberikan teguran.

“Hasil konfirmasi sejak 28 Maret 2024 minta izin secara lisan ke Kepala Puskesmas ke Makale untuk membuat laporan program puskesmas karena signal di puskesmas kurang bagus,” katanya.

Sebulan Dokter Puskesmas di Simbuang Tak Masuk Kerja, Pemkab Tana Toraja Tidak Tahu
Nampak warga Simbuang yang terpaksa melahirkan di pinggir jalan saat hendak dirujuk ke Kota Makale

“Namun karena tidak ada konfirmasi ke kami soal meninggalkan tugasnya begitu lama, maka saya akan memberikan teguran baik secara lisan maupun secara tertulis,” jelasnya.

Menurutnya saat ini di Puskesmas Lekke masih ada petugas medis baik perawat maupun bidan.

“Tapi pelayanan di Puskesmas Lekke tetap berjalan sebagai mana mestinya, karena para tenaga medis baik perawat maupun bidan tetap melakukan pelayanan medis karena mereka selalu standby di Puskesmas,” ujarnya.

Tom/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

733 Pantarlih Pilkada Tana Toraja 2024 Dilantik

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Sebanyak 733 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) dilantik KPU Tana Toraja melalui Panitia Pemungutan Suara...

Berita Lain