fbpx
28 C
Makassar
Senin, 26 Juli 2021

Salah Satu Objek Wisata Andalan Tana Toraja, Agrowisata Pango Pango Terus Dibenahi

Populer

- ADS -

ZONAKATA.COM -TANA TORAJA Pango Pango merupakan satu dari sekian destinasi wisata yang ada di Tana Toraja. Letaknya di ketinggian 1400 mdpl dan hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Makale.

Selain keindahan pemandangannya, kesejukan udaranya juga terasa menyegarkan. Pango Pango mengusung konsep agrowisata dengan ragam perkebunan seperti kopi, markisa, tamarillo, wortel dan lain lain.

Nampak Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bersama Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung dan Wakil Bupati, dr.Zadrak Tombeg saat mengunjungi Objek Wisata Pango Pango baru-baru ini.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang beberapa waktu lalu mengunjungi Pango Pango. Bahkan dua tahun lalu ia menyempatkan diri bermalam di tempat itu, mengaku kagum dengan keindahan panorama alamnya.

Dikatakan pemandangan yang disajikan sangat indah, melihat hamparan pegunungan dengan kabut putih yang memenuhi area kawasan wisata.

Namun menurut Andi Sudirman, Pango Pango harus ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai. Seperti penerangan, air, serta penataan bangunan yang seharusnya ditata lebih baik lagi.

Sebagai daerah yang mengandalkan pariwisata, Pemda Tana Toraja harus serius dan fokus dalam mengembangkan pariwisata didaerah ini. Setiap objek harus menyediakan fasilitas yang memadai sesuai kebutuhan para wisatawan baik manca negara maupun domestik.

“Fasilitas itu akan membuat para wisatawan merasa nyaman ketika berkunjung,” ungkapnya.

Untuk itu, kawasan wisata Pango Pango harus dikelola serius. Dengan harapan bisa menjadi seperti objek pariwisata di Lembang, Bandung. Menurut Plt Gubernur kawasan dataran tinggi ini dinilai punya potensi besar untuk dikembangkan sebagai salah satu wisata strategis di Sulsel.

“Jika jadi kawasan strategis, artinya ada kebijakan yang mengatur agar kawasan itu tetap terjaga lingkungannya tetapi adaptif terhadap perkembangan wisata,” ujar Andi Sudirman.

Ia yakin pengembangan kawasan wisata tersebut bisa memperkuat sektor pariwisata Sulsel. Apalagi akses jalannya sudah bagus telah diaspal meskipun jalurnya menanjak. Apalagi jarak tempuh ke lokasi itu hanya membutuhkan waktu tidak lebih 30 menit dari Kota Makale.

Spot foto berlatar awan di pagi hari dan kabut menjelang sore membuat objek wisata ini jadi salah satu yang wajib dikunjungi jika berlibur ke Toraja. Pengunjung juga bisa menikmati camping di atas awan. Kini jumlah wisatawan yang berkunjung terus meningkat apalagi pada akhir pekan.

Sementara itu Bupati Tana Toraja Theofilus Allolerung mengatakan, pemerintah memang akan memaksimalkan pengelolaan objek wisata Pango Pango. Saat ini telah dilakukan pembenahan terutama air bersih dan toilet. Termasuk kebersihan dilokasi itu.

“Kita akan terus melakukan pembenahan di objek wisata Pango Pango sehingga kedepan tempat ini bisa menjadi salah satu objek wisata andalan di Tana Toraja”. Pungkasnya.

Anjas/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Tana Toraja Lakukan Peningkatan SDM

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tana Toraja melaksanakan kegiatan Pembinaan SDM Kehumasan, yang bertempat...

Berita Lain

- Advertisement -