fbpx

Ratusan Miliar Beasiswa PIP-KIP Kuliah Mengalir ke Sulsel Jalur Aspirasi

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – Dunia pendidikan di Provinsi Sulawesi Selatan saat ini boleh berbangga hati. Khususnya di wilayah Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu Raya, Enrekang, Sidrap dan Pinrang.

Sejak 2020, total sudah Rp 150 miliar lebih beasiswa baik Program Indonesia Pintar (PIP) dan KIP Kuliah dinikmati siswa-siswi pun mahasiswa.

Untuk PIP sejak 2020 hingga 2023, penerima beasiswa ini telah menyentuh 100.000 siswa. Anggarannya kurang lebih Rp 50 miliar.

Sementara KIP Kuliah sejak 2020-2023 telah diterima 2.000 mahasiswa dengan nilai kurang lebih Rp 100 miliar.

Beasiswa ini diketahui merupakan aspirasi anggota DPR RI, Eva Stevani Rataba (ESR). Aspirasi ini sesuai komitmen ESR dalam membangun dunia pendidikan di daerah pemilihannya.

Program Indonesia Pintar sudah luar biasa dirasakan manfaatnya, bahwa sejak 2020 hingga 2023 ini, PIP jalur aspirasi sudah tersebar 100 ribu lebih,” kata ESR, Jumat (21/7/2023).

Legislator Nasdem itu menurutkan, bantuan beasiswa ini tidak diturunkan pemerintah begitu saja.

Tentu kata dia, setelah anggota komisi 10 DPR RI meyakinkan Kemendikbud terkait siswa yang tidak mampu.

“Kami anggota komisi 10 diberi ruang oleh Kementerian untuk membantu siswa siswi mulai tingkat SD hingga SMA/SMK yang tidak mampu untuk diberikan bantuan beasiswa. Karena saya dari Toraja, sehingga menjadi prioritas saya untuk daerah ini, namun tidak mengesampingkan daerah lain di Dapil III,” paparnya.

Selain beasiswa untuk pelajar, ESR juga terus mengembangkan SDM pada satuan pendidikan.

Seperti baru-baru ini ESR mengadakan workshop Sekolah Sehat yang langsung menghadirkan pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Workshop menghadirkan pihak Dinas Pendidikan, para Kepala Sekolah serta guru baik dari Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.(tom)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

TSM Resmikan Posko Induk HSL Special Force’s

ZONAKATA, PAREPARE – Bakal Calon Wali Kota Parepare, Tasming Hamid (TSM) hadir dan meresmikan langsung Posko Induk HSL Special...

Berita Lain