fbpx
31 C
Makassar
Senin, 15 Agustus 2022

PPKM Diberlakukan, Objek Wisata Pango-Pango Ditutup Hingga 21 Juli

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Salah satu destinasi wisata andalan Tana Toraja adalah objek wisata Pango-Pango. Terletak diatas ketinggian 1400 mdpl Pango-Pango mengusung konsep agrowisata dengan ragam perkebunan seperti kopi, tamarillo, wortel dll.

Objek wisata ini sangat strategis dan hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Makale atau hanya butuh waktu 25 hingga 30 menit untuk mencapai lokasi itu. Meski jalan menuju Pango-Pango cukup mendaki namun jalan sudah sangat mulus sampai dilokasi objek.

Ditempat ini kita dapat melihat Kota Makale dari ketinggian serta keindahan panorama alam yang sangat indah. Termasuk kita dapat menikmati sunrise ada gumpalan awan pada pagi hari. Selain itu kita dapat menjelajahi kawasan pohon pinus serta mencoba beberapa wahana yang ada. Belum lagi kesejukan udaranya yang begitu menyegarkan.

PPKM Diberlakukan, Objek Wisata Pango-Pango Ditutup Hingga 21 Juli

Meski begitu, objek wisata ini sebelumnya tidak terurus. Toilet dan kebersihan kurang diperhatikan. Beruntung pemerintahan baru Theofilus Allorerung-dr.Zadrak Tombeg memiliki kepedulian yang cukup besar terhadap objek ini. Perlahan saluran air menuju Pango-Pango mulai dibenahi termasuk kebersihannya.

“Pasokan air ke Pango-Pango kini sudah lancar, sehingga toilet yang ada sudah mulai digunakan pengunjung,” kata Franszhico Mangesa, pengelola Pango-Pango, Minggu (11/7).

Menurut Ciko sapaan akrab Franszhico Mangesa, selain ketersedian air, persoalan kebersihan juga menjadi masalah serius di Pango-Pango. Untuk itu pihaknya merekrut sejumlah tenaga kebersihan untuk menangani persoalan sampah termasuk kebersihan toilet yang ada di objek itu.

- ADS -

Namun, kata Ciko, untuk saat ini Pango-Pango ditutup untuk sementara waktu menyusul adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro oleh Pemerintah Kabupaten Tana Toraja. Salah satu poin dalan PPKM itu adalah penutupan objek wisata.

“Sementara waktu Pango-Pango ditutup mulai 6 hingga 21 Juli 2021 yang akan datang,” tegasnya.

Untuk diketahui, Pango-Pango yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Tana Toraja ini, kedepan akan ditata oleh pemerintah sehingga setara dengan objek wisata lainnya seperti objek wisata Lembang yang ada di Bandung, Jawa Barat. Dimana objek itu juga menawarkan sejuknya pegunungan dan keindahan panorama alamnya.

Hal tersebut telah disarankan oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat berkunjung ke Pango-Pango belum lama ini. Ia mengatakan agar Pango-Pango dibuat konsep seperti yang ada di Lembang. Sehingga kedepan objek ini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan dalam maupun luar negeri.

Anjas/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Sudah Setahun Pegawai Dinas Kebudayaan Tana Toraja Hirup Bau Pesing

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Plafon hingga pipa wc ruangan di Kantor Dinas Kebudayaan Tana Toraja bocor. Akibatnya pegawai seringkali...

Berita Lain

- Advertisement -