fbpx

Potensi Getah Pinus Menjanjikan, PT. Inhutani I Jajaki Pendirian Pabrik Gondorukem di Toraja

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA PT Inhutani merencanakan akan mendirikan pabrik Gondorukem Getah Pinus di Toraja. Hal itu diungkapkan Kepala Unit PT Inhutani I Tana Toraja, Widodo usai menerima kunjungan kerja Direktur Utama PT Inhutani I Oman Suherman belum lama ini.

Menurut Widodo, hal tersebut merupakan cita-cita dan harapan Oman Suherman selaku pemimpin tertinggi PT Inhutani I. Harapan itu, kata Widodo, mereka akan dukung penuh, dimana pihaknya bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita itu.

Potensi Getah Pinus Menjanjikan, PT. Inhutani I Jajaki Pendirian Pabrik Gondorukem di Toraja

“Benar, ini adalah harapan dan cita-cita Direktur Utama selaku pemimpin tertinggi PT Inhutani I harus kami dukung penuh, tentunya ini bukan hanya iming-iming belaka jika mulai dari sekarang kami bekerja keras untuk bisa mewujudkan rencana itu,” kata Widodo, Sabtu (29/5).

Dikatakan, pihak Inhutani saat ini telah mengelolah areal sadapan Getah Pinus seluas 3.000 Ha yang berlokasi di Kabupaten Gowa dan Tana Toraja. Fokus yang dilakukan saat ini adalah menambah areal sadapan sekitar 6.000 Ha dengan target produksi 500 ton perbulan.

“Jika hal ini dapat dicapai ditambah dukungan dari Kadishut Provinsi dan Kepala Daerah Tana Toraja maka peluang untuk membangun pabrik Gondorukem bukanlah sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan,” ungkap Widodo.

Getah pinus, khususnya di wilayah Toraja memiliki potensi yang sangat menjanjikan untuk pendapatan daerah dan masyarakat setempat. Dan bila pabrik Gondorukem getah pinus ini terealisasi maka akan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat Toraja.

“Jika pabrik Gondorukem getah pinus ini berdiri maka tentu membutuhkan tenaga kerja. Ini akan menjadi peluang besar bagi masyarakat Tana Toraja,” pungkasnya.

Selain terkait rencana pembangunan pabrik, kunjungan kerja Direktur Utama PT Inhutani I untuk pertama kalinya ini juga sekaligus melakukan penanaman sejumlah bibit pohon pinus yang berlokasi di Lembang Simbuang, Kecamatan Mengkendek.

Potensi Getah Pinus Menjanjikan, PT. Inhutani I Jajaki Pendirian Pabrik Gondorukem di Toraja

Untuk diketahui Gondorukem adalah olahan dari getah hasil sadapan pada batang Pinus. Gondorukem merupakan hasil pembersihan terhadap residu proses destilasi (penyulingan) uap terhadap getah pinus. Hasil destilasinya sendiri menjadi terpentin.

Gondorukem diperdagangkan dalam bentuk keping-keping padat berwarna kuning keemasan. Kandungannya sebagian besar adalah asam-asam diterpena, terutama asam abietat, asam isopimarat, asam laevoabietat, dan asam pimarat.

Penggunaannya antara lain sebagai bahan pelunak plester serta campuran perban gigi, sebagai campuran perona mata (eyeshadow) dan penguat bulu mata, sebagai bahan perekat warna pada industri percetakan (tinta) dan cat.**

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Terpilih Aklamasi, Bung Iin Nahkodai Taekwondo Tana Toraja

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Pradyan Rizky Londong Allo akhirnya terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Taekwondo Tana...

Berita Lain