fbpx
26 C
Makassar
Rabu, 1 Desember 2021

Pemuda Berbakat di Expo UMKM Pekan Pemuda, Usaha Kain Tenun Buat Biaya Sekolah

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Sertin Dawenan, salah satu siswi dari kelas XII SMA 7 Sa’dan menjadi perhatian pengunjung Expo Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pekan Pemuda 2021 di halaman Art Centre Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Expo UMKM Pekan Pemuda digelar pengurus DPD II KNPI Toraja Utara dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Ditemui di Stand UMKM milik PPGT Jemaat Sa’dan Karonanga, Sertin Dawenan menenun kain tenun Toraja yang dibuatnya sendiri dan difasilitasi pemuda dari Sa’dan.

Sertin bercerita kemahirannya menenun tertanam sejak duduk dibangku SMP kelas VIII, dan saat ini penghasilan tersendiri yang hanya bermodalkan biaya beli benang seharga Rp. 100 Ribu.

“Saya memulai usaha menenun sendiri dan hasilnya juga ke saya untuk biaya sekolah saya sendiri dan tidak membebani orang tua yang pekerjaan seharinya seorang petani,” ucapnya, Kamis (28/10).

- ADS -

Anak perempuan dari Kirro Lo’bo Pakamba dan Kirro itu bersama empat saudaranya memiliki keahlian membuat tenun.

Sertin mengatakan, pekerjaan menenun digeluti setiap hari saat pulang sekolah selain belajar pekerjaan sekolah di rumah.

Ia juga bercita-cita menjadi seorang guru dan memiliki toko kain tenun asli Toraja dari Sa’dan.

Sementara Penasehat PPGT Jemaat Sa’dan Karonanga, Anis Padalingan yang mengajak Sertin Dawenan ke Expo UMKM Pekan Pemuda menyampaikan keahlian dimiliki pemudi dari kecamatan Sa’dan it terlihat memiliki semangat dan tekad yang perlu diapresiasi.

“Unik bakat dimiliki adik Sertin, kalau kita identifikasi dari sekian pemuda mungkin saja jarang yang akan mengembangkan pekerjaan seperti ini karena dianggap terlalu berat,” ujarnya.

Anis juga berharap semoga ada pihak-pihak yang dapat membantu Sertin karena tekad yang dilakukan kerja keras untuk memenuhi keinginannya punya toko sendiri.

Kain tenun Toraja telah ditenun Sertin dijual dengan kisaran harga Rp. 200 Ribu sampai jutaan rupiah, tergantung motif. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang
- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

DLH Sidak 10 Tambang Galian C Ilegal yang diduga Punya Sokongan Aparat

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Toraja Utara akhirnya tunjukkan taringnya dengan melakukan penegakan kepada 10...

Berita Lain

- Advertisement -