fbpx
25 C
Makassar
Kamis, 28 Oktober 2021

Pemasukan UMKM Selama Pekan Raya Toraja Highland Festival Capai Ratusan Juta

Populer

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Pergelaran Toraja Highland Festival (THF) telah usai dan ditutup pada malam Closing Ceremony oleh Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang di Lapangan Bakti Rantepao, Sabtu (9/10/2021) malam.

Event THF berlangsung mulai tanggal 4-10 Oktober 2021 yang menampilkan pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hadirkan stand Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia, Dekranasda daerah dan 34 pelaku UMKM berasal dari Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja, enam diantaranya adalah binaan perbankan.

Kegiatan pameran itu untuk membangkitkan kembali pelaku UMKM dimasa pandemi Covid-19 dan meningkatkan pariwisata melalui sektor perekonomian di Toraja Utara.

- ADS -

Penyelenggara THF 2021 yaitu Masyarakat Sadar Wisata (Masata) dan Geopark Toraja yang didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan RI, Bank Indonesia, Pemprov Sulawesi Selatan dan Pemkab Toraja Utara.

Selama enam hari berlangsung pameran UMKM, panitia mencatat ratusan juta perputaran uang yang terjadi selama pekan raya Toraja di Lapangan Bakti.

“Dari rekapan panitia total penjualan produk dari UMKM dalam lokasi pameran capai Rp. 243.235.000, namun itu masih banyak tidak melapor jadi kemungkinan bisa lebih,” ujar Ketua Masata Toraja Utara, Damayanti Batti, Senin (11/10/2021) pagi.

Lanjutnya, pihak Bank Indonesia telah melakukan kurasi terhadap para peserta pameran dan akan memilih beberapa UMKM untuk menjadi binaannya.

Damayanti menambahkan dampak perputaran uang selama event bukan hanya bagi pelaku UMKM saja yang menjadi peserta pameran tapi juga perhotelan, warung makan dan pedagang kaki lima di sekitar lokasi.

Selama event THF 2021 berlangsung, panitia memberi kesempatan kepada pedagang kaki lima dan wahana permainan anak di sekitar lapangan untuk berjualan.

“Okupansi penginapan juga sangat tinggi, penginapan melaporkan 80 persen menerima tamu THF,” ungkapnya.

Setelah rangkaian event THF 2021, Damayanti Batti selaku penyelenggara memberi apresiasi kepada panitia dan para volunteer yang telah bekerja keras tanpa pamrih untuk mensukseskan event yang menguntungkan banyak pihak.

Sementara salah satu pelaku UMKM asal Toraja Utara yang terlihat ramai dikunjungi beberapa tamu dan masyarakat yaitu Amelia Art Toraja dan memberi support kepada penyelenggara yang telah memberi kesempatan pamerkan produknya.

“Event ini sangat luar biasa, support dari berbagai pihak seperti OJK dan BI telah mendukung kegiatan ini sehingga kami para UMKM semangat untuk kembali berkarya, walau sempat down dimasa pandemi,” ujar owner Amelia Art Toraja, Awwal.

Awwal berharap perputaran ekonomi di Toraja bisa lebih baik bagi pelaku UMKM Toraja dan terus mengangkat pariwisata Toraja. Menurutnya, pemasukan atau perputaran uang selama Pekan Raya Toraja itu sudah sangat luar biasa, apalagi masih masa pandemi dan berharap kedepannya event UMKM bisa lancar dan sukses.

“Penghasilan saya di pameran bisa dibilang lebih dari cukup, karena tamu yang berkunjung di stand booth UMKM Amelia Art Toraja mereka bangga produk yang kami pamerkan, karena produk kami cocok dijadikan buah tangan dari Toraja,” ungkap Awwal.

Namun berakhirnya Pekan Raya Toraja, Awwal menaruh harapan agar kedepan kegiatan seperti Toraja Highland Festival dapat dilaksanakan kembali agar UMKM di wilayah Toraja bisa berkembang dan tetap semangat. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Tingkatkan Militansi, PDI Perjuangan Tana Toraja Gelar Pendidikan Kader

ZONAKATACOM - TANA TORAJA Sejumlah partai politik mulai memanaskan mesin partainya menatap pemilu 2024 . Salah satunya adalah PDI...

Berita Lain

- Advertisement -