fbpx
Senin, Maret 1, 2021

Pekan Ini, Pasangan Theo-Zadrak Ditetapkan Sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Terkait

Ini Tiga Fokus Utama 100 Hari Kerja Theo-Zadrak

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Setelah resmi dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja pada 26 Februari lalu, Theofilus...
- ADS -

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja segera menetapkan pasangan calon kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020 pada 9 Desember 2020 lalu, karena tidak mengalami perselisihan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Penetapan calon kepala daerah terpilih ini menjadi tahap lanjutan setelah KPU sebelumnya telah menuntaskan proses rekapitulasi suara. Selain itu karena MK telah menerbitkan rekapan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).

Diketahui rekapan BRPK baru diterbitkan MK pada Senin (18/1), dimana ada 7 Kabupaten Kota di Sulsel yang tidak terdaftar dalam Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah. Ke tujuh daerah itu yakni Kota Makassar, Gowa, Selayar, Maros, Soppeng, Tana Toraja dan Toraja Utara.

Sementara, Pilkada di lima daerah lain di Sulsel, yakni Bulukumba, Pangkep, Barru, Luwu Timur dan Luwu Utara masih dalam proses gugatan MK. Sehingga, penetapan kepala daerah di lima daerah tersebut akan tertunda.

Komisioner KPU Tana Toraja Rahmat Hidayat mengatakan bahwa dengan terbitnya rekapan BRPK itu maka persiapan penetapan calon terpilih sudah bisa dilakukan. Namun menurutnya, pihaknya masih menunggu surat resmi dari MK ke KPU RI yang selanjutnya diturunkan ke KPU Provinsi dan KPU Kabupaten.

“Kita masih menunggu surat resmi dari KPU RI dan Provinsi. Jika turun hari ini maka rencananya penetapan calon terpilih akan dilaksanakan Kamis 21 Januari 2021,” jelas Kordiv Teknis Penyelanggara ini.

Menurut Rahmat kepada Zonakata.com, Rabu (20/1), saat ini KPU Tana Toraja tengah melakukan persiapan penetapan calon terpilih. Bahkan secara teknis, pelaksanaan penetapan itu mempertimbangkan protokol kesehatan seperti yang diatur dalam PKPU 13 Tahun 2020.

“Siapa saja yang diundang, berapa yang akan hadir, semuanya akan diatur. Prinsipnya, pelaksanaan penetapan harus sesuai dengan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi”. Ungkapnya.

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

11 Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Akan Dilantik di Makassar, 26 Februari

ZONAKATA.COM - MAKASSAR 11 Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada 2020 lalu akan segera dilantik. Hal tersebut diungkapkan...

Berita Lain

- Advertisement -