fbpx

Momentum 110 Tahun IMT, Masyarakat Toraja Bakal Turun Sungai Bersihkan Sampah

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Momentum Perayaan 110 Tahun Injil Masuk Toraja (IMT) secara konsisten dan berkelanjutan dilaksanakan aksi nyata.

Setelah Salib Singki’, selanjutnya akan dilanjutkan sebuah gebrakan nyata “Kembalikan Sungai Sa’dan Seperti Dulu Lagi” yang akan dilaksanakan di sekitaran Sungai Ba’lele, Tagari dan wilayah Bolu pukul 07.30 WITA, Jumat (3/3/2023).

Kepedulian pada lingkungan sekitar ini membawa semangat untuk selamatkan lingkungan dari sampah plastik secara bersama-sama.

Panitia bahkan akan mengerahkan ratusan orang yang tergabung dalam 40 Organisasi Kepemudaan dan Komunitas yang ada di wilayah Toraja, TNI dan Polri, serta Satpol PP dan Perkimtan untuk turun ke sungai.

Sampah plastik yang menumpuk di sungai memang dibutuhkan perhatian khusus dan perlu solusi nyata. Untuk memaksimalkan penyisiran sampah, Korlap akan membagi beberapa titik star dan finish.

“Supaya maksimal, kita akan membagi beberapa titik star dan finish pengangkutan sampah. Nanti disampaikan di briefing sebelum turun ke sungai,” ungkap Korlap, Agustinus Lamba kepada Zonakata.

Agustinus yang menjabat sebagai Ketua Harian FAJI Toraja Utara dan Pimpinan Indo’ Sella’ Expedition tersebut, menekankan pentingnya menyelamatkan aliran sungai dari sampah plastik dengan menyatukan kekuatan.

“Ini penting untuk kita lakukan secara bersama-sama, kita satukan kekuatan. Saya yakin dampaknya akan kita rasakan bersama juga,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Pendeta Syukur Matasak, Ketua Harian Panitia 110 Tahun IMT mengatakan kiranya program ini sekaligus menjadi program primadona atau kemudian menjadi salah satu program prioritas BPS Gereja Toraja ke depan.

“Ini momentum yang akan kita bangun bersama, kita lanjutkan bersama. Ayo kita turun susur sungai Sa’dan, kita buktikan bahwa kebersamaan tanpa memandang perbedaan itu akan melahirkan dampak yang luar biasa untuk tondok Toraya,” jelasnya.

Untuk diketahui, beberap titik yang menjadi fokus pembersihan sampah nantinya, di sungai sekitaran Ba’lele, Tagari dan wilayah Bolu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Serius Hadapi Pilkada Tana Toraja, Zadrak Tombeg Daftar di Gelora

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Setelah mendaftar di Partai Demokrat, PDI Perjuangan dan Partai Nasdem, Zadrak Tombeg juga mendaftar di...

Berita Lain