fbpx

Lomba Semarak Ramadan di Masjid Besar Rantepao Disambut Antusias

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Panitia Amaliah Ramadan Masjid Besar Rantepao mengelar sejumlah lomba dan kegiatan sepanjang bulan Ramadan 1145 Hijriah/2024 M.

Lomba Semarak Ramadhan diikuti 110 peserta itu dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 24 hingga 26 Maret 2024 di Masjid Besar Rantepao, Jalan Kostan No 1 Kelurahan Malango, Toraja Utara.

Ratusan peserta diikuti anak-anak usia 6-13 tahun dengan ajang lomba adzan, lomba tartil Al-Qur’an, lomba Da’i dan lomba hafalan surah-surah pendek.

Lomba adzan juga diikuti kategori remaja dan dewasa, adapun lomba tartil Al-Qur’an diikuti 15 peserta Ibu-ibu anggota Majelis Ta’lim.

Peserta tidak hanya berasal dari Kecamatan Rantepao saja, juga datang dari Kecamatan Rantebua, Kes’u dan Sopai.

Didominasi peserta kalangan anak-anak, antusias peserta tidak luput dari semangat dalam mengikuti lomba-lomba hingga selesai.

Lomba Semarak Ramadan di Masjid Besar Rantepao Disambut Antusias

Diketahui juga ada anak-anak penyandang disabilitas tuna netra turut mengikuti lomba hafalan surah-surah pendek.

Ketua Panitia Amalia Ramahan, Muh.Fadli Hullong mengatakan, kegiatan Lomba Semarak Ramadan se kabupaten ini kali kedua yang digelar pengurus masjid dan diupayakan menjadi kegiatan tahunan selama bulan Ramadan.

Lanjut Fadli menjelaskan, program yang dilaksanakan ini inisiatif dan ide pengurus agar lebih semarak selama bulan Ramdhan dan meningkatkan antusias anak-anak untuk belajar agama.

“Tujuannya untuk lebih ke mengukur kemampuan masyarakat secara umum terhadap Al-Qur’an, dapat memotivasi kalangan anak muda agar dapat menjadi imam, hafiz dan hafizah dan penceramah suatu saat nanti,” ucapnya.

Harapan Fadli yang juga imam Masjid Besar Rantepao itu menginginkan kegiatan tersebut tidak berhenti dan bisa menjadi kegiatan besar dan dikenal secara luas sehingga antusias peserta semakin besar.

Sehingga para sponsor dan organisasi Islam hingga pemerintah daerah dapat berkolaborasi untuk kegiatan serupa kedepannya.

Adapun total hadiah disiapkan panitia yaitu Rp. 10 juta dan sertifikat bagi peseta juara. Penyerahan hadiah bagi juara akan dilaksanakan ba’da shalat tarawih, Rabu (27/3/2024) malam.

Selain lomba semarak Ramadhan, panitia juga akan melangsungkan kegiatan safari Ramadan tiga kali dengan rangkaian buka puasa bersama, tarawih dan ceramah agama.

Rencananya mulai Kamis (28/3/2024) besok akan melakukan perjalanan Safari Ramadan di Masjid Orongan As-sidiq, selanjutnya Masjid Nurul Hidayah di Garuang dan Masjid Rada’ di Kecamatan Rantebua serta Masjid Husain Mu’Minin To’ karau di Sesean.

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

10 Jenazah Korban Longsor Palangka Dimakamkan Dalam Satu Liang Lahat

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Sebanyak 10 jenazah korban bencana alam tanah longsor di Palangka, Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale dimakamkan...

Berita Lain