fbpx
26 C
Makassar
Kamis, 2 Desember 2021

Kulit Melepuh dan Bernanah diduga Akibat Vaksin Covid-19

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Seorang pelajar pelajar sekolah menengah pertama (SMP) di Tana Toraja, Sulawesi Selatan mengalami kulit melepuh dan bernanah di sekucur tubuhnya pasca mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Salsabilah Utami Kahar (14) remaja asal To’kaluku, Kelurahan Bombongan, Makale, mengalami kondisi penyakit yang tak biasa. Kulit melepuh disekujur tubuh pasca menerima suntikan vaksin covid-19. Selain kulit yang melepuh, kondisi tubuh salsabila juga lemah, tak bisa banyak bergerak dan dia hanya berbaring di tempat tidur.

Salsabila menerima Vaksin Covid-19 pada tanggal 16 september 2021 di SMPN 1 Tana Toraja, tiga hari setelah vaksin, Salsabila mulai merasakan gejala berupa bintik-bintik merah hingga akhirnya seluruh kulitnya melepuh dan bernanah di sekucur tubuhnya.

Vaksin Covid 19

“Ia sudah sebulan tidak masuk sekolah dan tidak dapat mengikuti ujian, temannya tidak ada yang mau sama-sama dia lagi, semoga anak saya ini cepat sembuh,” ungkap Ernawati orang tua Salsabila saat ditemui dirumahnya, kamis (11/11/2021).

Terkait hal tersebut, pihak medis yakni Dinas Kesehatan Tana Toraja terus melakukan pengkajian yang mendalam dan akan terus berkordinasi dengan pihak provinsi terkait kasus yang kemungkinan langkah tersebut, dan melakukan pelaporankannya ke pusat.

“Untuk diketahui jika alergi vaksinasi gejalanya ringan sampai berat, dimana jika gejala ringan yakni akan nyeri pada daerah suntikan, demam, dan nyeri tulang atau sendi. Sementara jika gejala berat kemungkinan akan timbul gejala seperti yang dialami oleh salsabila, namun gejalanya hanya sampai satu kali dua puluh empat jam. Hari sabtu nanti kami bersama tim dari provinsi akan menemui salsabila untuk mengkaji penyakit yang dialami salsabila,” jelas dr Ira Minolta Tanggo.

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang
- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

DLH Sidak 10 Tambang Galian C Ilegal yang diduga Punya Sokongan Aparat

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Toraja Utara akhirnya tunjukkan taringnya dengan melakukan penegakan kepada 10...

Berita Lain

- Advertisement -