fbpx
26 C
Makassar
Rabu, 1 Desember 2021

Kadispora Tana Toraja Dukung JAMNAS IV BPAN

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tana Toraja, Erik Crystal Ranteallo, menunjukkan apresiasi dan dukungan kepada Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Toraya yang menjadi tuan rumah Jambore Nasional IV (JAMNAS IV) BPAN, yang akan diselenggarakan pada 19-26 November 2021 mendatang.

Crystal mengungkapkan dukungannya saat menjadi pemateri dalam Sosialisasi Peraturan Pembangunan Kepemudaan di Kalaa, Mengkendek baru-baru ini. Ia menjelaskan jika BPAN telah menjadi organisasi kepemudaan satu-satunya yang mengangkat adat dan budaya Toraja. BPAN merupakan organisasi sayap Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) yang bergerak di bidang pemuda adat dan gerakan pulang kampung.

“Saat ini banyak anak muda yang luntur nilai budaya bahkan pengetahuannya akan budaya Toraja sangat minim. Mereka hanya tahu bahwa budaya Toraja itu hanya ‘tunu tedong’ dan lainnya padahal adat dan budaya Toraja itu adalah siangkaran, sikamasean, sikamali’ dan nilai-nilai luhur lainnya yang mengandung nilai kesopanan,” jelas Crystal.

“Anak muda Toraja harus dikenal sebagai generasi yang sopan dan santun. Karena kalau tidak sopan dan santun, berarti bukan orang Toraja,” bebernya kepada pengurus BPAN yang hadir pada saat itu.

Selain itu Eric Crystal selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga menjadwalkan diskusi dan bincang santai membahas Jambore Nasional pemuda adat ini agar persiapannya bisa maksimal dan eksekusinya bisa membuat bangga nama Toraja sebagai tuan rumah.

Sementara itu Ketua BPH Pengurus Daerah BPAN Toraya Aldio Parante, mengatakan jika BPAN Toraya baru terbentuk pada pada bulan Februari 2021 lalu namun langsung diberikan kepercayaan menjadi tuan rumah Jambore Nasional ke IV BPAN.

“Meskipun kami baru terbentuk, kami sangat mengapresiasi penunjukkan dari nasional untuk Toraya menjadi tuan rumah,” ujar Aldio.

Diketahui bahwa Jamnas BPAN ini nantinya akan membahas mengenai adat istiadat dan peran gerakan pemuda adat dalam masyarakat serta hak-hak masyarakat adat. Selain itu akan ada agenda konsolidasi pembahasan Bakal Calon Ketua Umum BPAN periode berikutnya.

“Harapan kami utusan dari Toraya bisa mewakili dalam pemilihan ini,”, tambah Aldio.

- ADS -

Jambore Nasional IV BPAN Wilayah Sulawesi Selatan akan diselenggarakan pada 19-26 November 2021 di Tongkonan Layuk Tandingan, Wilayah Adat Banga, Lembang Banga, Kecamatan Rembon. Kegiatan ini akan dihadiri 8 pengurus daerah se Sulawesi Selatan dan Barat serta pengurus nasional dan pengurus wilayah AMAN dan BPAN.

Juf/ZK

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang
- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

DLH Sidak 10 Tambang Galian C Ilegal yang diduga Punya Sokongan Aparat

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Toraja Utara akhirnya tunjukkan taringnya dengan melakukan penegakan kepada 10...

Berita Lain

- Advertisement -