fbpx

HTD Dibuka Hari Ini di Toraja Utara, Menparekraf: Epik dan Kolaboratif

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Pembukaan perayaan Hari Tari Dunia (HTD) tahun 2023 di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan digelar hari ini Senin (26/6/2023) sore.

HTD 2023 dengan tema ‘Toraja Bercerita’ diprakarsai oleh Masyarakat Sadar Wisata (Masata) DPC Toraja Utara berlangsung di Lapangan Bakti, Kecamatan Rantepao.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno apresiasi kegiatan tersebut sebagai seni dalam mendukung pariwisata Toraja.

“Yamoke ta sadia sadia mo, saya mengajak masyarakat untuk hadir pada perayaan pembukaan Hari Tari Dunia 2023 Toraja Bercerita di Toraja Utara,” ujarnya melalui video singkat.

Sandiaga yang sedang berada di tanah suci, Mekkah menjalankan ibadah haji mengatakan perayaan Hari Tari Dunia dengan tema Toraja bercerita dikemas dengan epik dan kolaboratif.

Lanjut Sandiaga, tentu sangat mendukung program pemerintah, bangga buatan Indonesia dan bangga pariwisata di Indonesia.

Ia berharap kegiatan yang digelar Masata dan panitia yang dominan anak muda bidang seni tari itu dapat berjalan lancar dan sukses.

Event tahunan perayaan hari tari itu akan menampilkan cerita rakyat diantaranya Batingna Lebonna, Eran Dilangi’ dan Tengkoasik yang dibawakan beberapa sanggar tari Toraja, Sabang, Makassar, Bulukumba dan Luwu.

Selain pertunjukan tari, ada pula musik tradisional, musik modern dari para musisi Toraja hingga pameran stand UMKM kerajinan dan kuliner.

HTD 2023 ‘Toraja Bercerita’ berlangsung mulai tanggal 26 sampai 27 Juni 2023.

Dikabarkan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI, Ni Made Ayu Marthini yang akan membuka acara.

Ni Made Ayu Marthini bersama Duta Besar Maroko sedang berada di Toraja dalam rangka Workshop dan Inaugurasi Prodi Pariwisata dan Kopi di kampus UKI Toraja Makale, menghadiri kegiatan adat Rambu Solo di Ke’te Ke’su dan membuka HTD 2023 di Rantepao. (*)

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Oktaviana Resmi Ketua PMKRI Gowa Periode 2024-2025 Melalui RUAC ke-III

ZONAKATA.COM - GOWA Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKI) cabang Gowa Sactus Robertus Bellarminus sukses menggelar Rapat Umum Anggota...

Berita Lain