fbpx

Gerindra Rebut 2 Kursi di Dapil Toraja Utara 1

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Partai Gerindra sukses meraih 2 kursi didaerah pemilihan (Dapil) Toraja Utara 1 yang meliputi Kecamatan Rantepao, Tallunglipu dan Tikala.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara KPU Toraja Utara pada 4 Maret 2024 lalu, Gerindra berhasil memperoleh 7.757 suara. Adapun yang meraih suara tertinggi adalah Jeny Yusuf Buntu Lobo yang meraih 2.682 suara. Ia pun berhak atas kursi pertama di dapil 1.

Kursi kedua menjadi milik Partai Amanat Nasional (PAN). Partai besutan Zulkifli Hasan ini membuat kejutan dengan mengunci 1 kursi didapil 1 meski hanya memiliki 3 caleg dari 7 quota yang tersedia. Di internal PAN, Yopi Rante Maliku meraih suara tertinggi dengan 3.403 suara.

PDI Perjuangan dengan meraih 5.473 suara berhasil mengunci kursi ke 3 didapil 1. Kursi tersebut menjadi milik Soleman Ganna Masseleng yang meraih 2.708 suara dan unggul jauh atas Pither Rantetasak yang hanya meraih 1.110 suara.

Kursi ke 4 menjadi milik Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang meraih 4.776 suara. Mantan Wakil Bupati Tana Toraja, Andarias Palino Popang berhasil meraih suara tertinggi dengan 2.933 suara. Ia pun berhak duduk di DPRD Toraja Utara.

Kemudian kursi ke 5 direbut oleh Partai Golkar yang meraih 3.275 suara. Hardy Abraham Putra menjadi peraih suara terbanyak dengan 2.387 suara. Kursi ke 6 milik Partai Nasdem dengan meraih 2.607 suara. Adapun caleg yang meraih suara tertinggi adalah Indra Rerungallo Ampang dengan 1.685 suara.

Sementara kursi terakhir dikunci oleh Partai Gerindra. Berdasarkan metode perhitungan sainte lague, Gerindra masih memiliki suara sisa 2.585 suara dan kursi tersebut direbut Julianto Mapaliey yang memiliki suara tertinggi kedua diinternal Gerindra dengan 2.590 suara. Ia berhasil mengalahkan suara petahana Israel Makole yang hanya meraih 2.086 suara.

Anjas/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Longsor di Pangra’ta Makale Selatan, 3 Meninggal, 1 Belum Ditemukan

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Bencana tanah longsor juga terjadi di Dusun Pangra’ta, Lembang (Desa) Randanbatu, Kecamatan Makale Selatan, Tana...

Berita Lain