fbpx

Gelar Media Workshop, BPJS Kesehatan Jawab Tantangan Pelayanan di Masa Pandemi

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggelar kegiatan Workshop dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2020 secara virtual, yang menghadirkan seluruh kantor cabang BPJS Kesehatan dan perwakilan media di seluruh Indonesia, Jumat (23/10).

Di Kabupaten Tana Toraja, kegiatan tersebut juga diikuti selama 2 hari, yakni 22 s/d 23 Oktober 2020 oleh Kantor Cabang BPJS Makale dan 5 perwakilan media. Salah satunya media Zonakata.com yang diikuti langsung dari kantor media Zonakata.com yang berlokasi di Starda Baru, Pantan Makale, Kabupaten Tana Toraja.

Gelar Media Workshop, BPJS Kesehatan Jawab Tantangan Pelayanan di Masa Pandemi

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Humas BPJS Kesehatan, Muhammad Iqbal Anas Maruf. Dalam sambutannya, M.Iqbal menekankan pentingnya peranan awak media dalam menyukseskan program-program yang berjalan di BPJS Kesehatan JKN-KIS, terutama dalam masa pandemi covid-19 saat ini yang membutuhkan penyampaian informasi positif dan faktual kepada peserta serta opini publik yang kuat terhadap BPJS Kesehatan.

Tak bisa dipungkiri tantangan pelayanan di masa pandemi dengan berbagai tuntutan, tentu memberi dampak bagi BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program Jaminan Sosial bidang kesehatan dengan jumlah kepesertaan terbesar di dunia, sehingga kehadiran awak media sebagai mitra akan selalu dibangun dan ditingkatkan.

Hal ini pun dikupas lebih mendalam dalam materi hari pertama (Kamis, 22/10) yang disampaikan oleh Sekretaris Eksekutif Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Raden Pardede, dengan menjawab tantangan pelayanan di masa pandemi covid-19.

Raden Pardede menyampaikan tindakan yang dilakukan pemerintah dilakukan bersamaan yakni menyelamatkan hidup dan menyelamatkan kehidupan (mata pencaharian hidup). Dalam program sosial, BPJS Kesehatan dianggap sebagai salah satu pipa program penanganan Covid-19 dengan memberikan data untuk diberikan bantuan sosial.

Untuk menanggulangi penularan Covid-19, maka BPJS Kesehatan memproyeksikan pemberian vaksin gratis kepada Penerima Bantuan Iuran (PBI) secara gratis. Peran BPJS pun disebut sebagai pengalihan pelayanan konvensional ke digital sehingga mengurangi penularan Covid-19.

Diketahui, dalam workshop hari pertama, narasumber yakni Staf Khusus Menteri Keuangan RI Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo, Kepala Satgas Direktorat Penelitian dan Pengembangan Kedeputian Pencegahan KPK, Kunto Ariawan, Ketua Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya Pusat, Adang Bachtiar, Chief of Party USAID Health Financing Activity, Prof. Hasbullah Thabrany, pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial, TB. A. Choesni, Pakar Asuransi Kesehatan, Budi Hidayat.

Pada hari kedua, narasumber dari Dewan Jaminan Sosial Nasional, Muttaqien, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, dan Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari.

Krisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mahasiswa KKN Unhas Bareng Pemkot Parepare dan TNI, Polri Gelar Kerja Bakti untuk Cegah Stunting

ZONAKATA, PAREPARE - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 112 Universitas Hasanuddin (Unhas) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Parepare, Babinsa,...

Berita Lain