fbpx

Eva Stevany Rataba Sambut Baik Naturalisasi Pemain Timnas Indonesia Shayne Pattynama

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – JAKARTA, Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Nasdem Eva Stevany Rataba berharap pemberian kewarganegaraan Indonesia atau naturalisasi dapat memberikan kontribusi yang maksimal untuk kemajuan dan prestasi sepakbola di Indonesia.

Hal ini disampaikan Eva Stevany Rataba dalam rapat kerja Komisi X DPR RI bersama Kemenpora RI dan Ketua PSSI terkait pembahasan pemberian kewarganegaraan RI kepada atlet sepakbola Shayne Elian Jay Pattynama, Selasa (8/11).

“Kami menyambut baik naturalisasi ini karena Shayne Pattynama memiliki garis keturunan Indonesia dari sang ayah dan harapan dari orang tuanya (Ayahnya) sebelum meninggal bahwa suatu hari, kelak Shayne Pattynama bisa memperkuat Timnas sepakbola Indonesia,” kata Eva Stevany Rataba.

Eva Rataba berharap pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada Shayne Pattynama dapat memberikan kontribusi yang maksimal untuk kemajuan dan prestasi sepakbola Tim Nasional Indonesia.

 

Eva Stevany Rataba juga mendorong Kementerian Pemuda dan Olahraga dan PSSI mengoptimalkan potensi anak Indonesia.

“Kemampuan talenta anak bangsa kita luar biasa sehingga perlu dibina sejak dini sehingga bisa mengurangi naturalisasi atlet luar dan karyakan anak bangsa,” ucapnya.

Sementara Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menyampaikan atas nama Kementerian Pemuda dan Olahraga dan PSSI menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota Komisi X DPR RI yang telah mengadakan Raker dan menyetujui dengan permohonan kewarganegaraan ini.

Selain itu, pihaknya juga meyakini bahwa semua catatan yang disampaikan oleh Komisi X DPR RI akan menjadi catatan bagi pihaknya.

Diketahui Shayne Pattynama bernama lengkap Shayne Elian Jay Pattynama adalah pemain sepak bola yang lahir di Belanda pada 11 Agustus 1998. Ia memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang merupakan pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah.

Shayne Pattynama merupakan pemain berposisi Fullback kiri yang bermain di kasta tertinggi Liga Norwegia. Shayne Pattynama mengawali perjalanan karirnya sebagai pemain sepak bola dengan bergabung bersama klub pemuda SV Lelystad ’67, Ajax, dan FC Utrecht.

Dia juga sempat bermain untuk klub Telstar pada tahun 2019. Kemudian sejak 1 April 2021 dirinya resmi bermain untuk Viking FK.

Musim ini, Shayne tercatat telah bermain sebanyak 26 kali dengan sumbangan dua gol dan lima assist. (*/MedCenESR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Bappelitbangda Sulsel Monitoring Evaluasi dan Coaching Clinic Program Kolaborasi ‘Si Lebah Unggulan’ di Parepare

ZONAKATA.COM - PAREPARE Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan monitoring evaluasi yang dirangkaikan...

Berita Lain