fbpx

Eks Hotel Batupapan Diresmikan Gubernur Andi Sudirman Jadi Hotel Andalan Toraja

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Eks hotel Batupapan di Jalan Pongtiku, Kelurahan Se’pon, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja diresmikan menjadi Hotel Andalan Toraja, Rabu (30/8/2023).

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) meresmikan langsung hotel Andalan Toraja milik aset Pemerintah Provinsi Sulsel itu.

Ditandai penandatanganan prasasti, selanjutnya peninjauan lokasi dan bangunan yang sedang direnovasi.

Gubernur Andi Sudriman sebelum meresmikan meminta agar nama hotel dirubah yang sebelumnya Hotel Andalan Sulsel oleh direksi kini diberi nama Hotel Andalan Toraja.

“Hotel Andalan Toraja lebih cocok karena kearifan lokal kita sebagai orang Toraja harus dijaga dan dapat diingat orang Toraja yang berada diluar daerah,” ungkapnya.

Kepala Daerah Sulsel yang akan berakhir masa jabatannya itu mengatakan bahwa, beberapa bangunan diresmikan di daerah lain memakai nama Andalan, namun menurutnya yang terpenting bagaimana mengembalikan kejayaan daerah sebagai orang Sulsel.

“Kita kerja bersama untuk mengembalikan kejayaan daerah, saya harap kita semua fokus membangun daerah dengan kerja, kedepan merawat hotel ini dan digunakan untuk kepentingan umum,” harap Andi Sudirman.

Gubernur Andalan sebelum menutup sambutannya, mengapresiasi dan menyempatkan memberi penghargaan kepada pengelola eks hotel Batupapan telah bekerja selama 39 tahun mengurus dan merawat hotel yakni Rahmatia dan Yosep, juga diberikan penghargaan kepada Irsyad Ibrahim.

Direktur Utama PT. Sulsel Citra Indonesia, Rendra Darwis berharap adanya renovasi dan perubahan eks hotel Batupapan ke hotel Andalan Toraja tersebut agar dapat bersinergi dengan Pemkab Tana Toraja dan Toraja Utara.

“Ini aset Pemprov Sulsel yang disahkan pengelolaannya ke kami sebagai BUMN Sulsel sejak Januari 2023 lalu, dibandingkan saat dipihak ketigakan, saat ini jauh lebih baik kami pelihara dan renovasi,” ucap Rendra.

Lanjutnya, selama ini aset Pemprov Sulsel tersebut kurang terjaga sehingga penting untuk dikelola sendiri dan kemudian direnovasi.

“Kami berupaya meminimalisir tamu yang bukan pasangan suami istri, dapat membantu meningkatkan PAD sebagai kontribusi terhadap APBD Sulsel,” tutupnya.

Sementara Direktur Operasional PT. Sulsel Citra Indonesia, Asradi menjelaskan jika eks hotel Batupapan sempat sepi pengunjung, sehingga BUMN Sulsel menyewakan kepada pihak ketiga.

Namun, bangunan yang berdiri sejak tahun 1975 itu terlihat banyak yang harus dibenahi sehingga diambil alih Perusda untuk direnovasi.

“Kami ganti nama sebagai spirit baru pemerintah untuk memajukan hotel ini kedepan, tak lupa kerjasama stakeholder,” ungkap Asradi.

Lokasi hotel akan dilengkapi kantor, kamar, panggung, parkiran dan mushollah

“Terpenting kedepan kami akan buat MoU dari berbagai kalangan sehingga sewanya naik berkali lipat dari sebelumnya,” tutup Asradi.

Pada peresmian hotel turut dihadiri Wakil Bupati Tana Toraja, dr. Zadrak Tombeg, Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Monfi Ade Candra, Kapolres Tana Toraja, AKBP. Malpa Malacoppo, Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi, Direktur Utama PT. Sulsel Citra Indonesia (Perseroda), Rendra Darwis, Staf Ahli dan Asisten serta jajaran Kepala OPD Pemprov Sulsel dan tamu undangan lainnya. (*)

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

IKA Unhas Sambut Kunjungan Pj Gubernur Prof Zudan Arif di Sulsel

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin turut hadir menyambut kehadiran Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi...

Berita Lain