fbpx
26 C
Makassar
Rabu, 1 Desember 2021

Digelar di Banga, Peserta Kemah BPAN Sulselbar Menelusuri Jejak Leluhur Toraja

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Kemah Raya Pemuda Adat Sulawesi Selatan dan Barat yang diselenggarakan oleh Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) terlaksana di Wilayah Adat Banga, Lembang Banga, Kecamatan Rembon, sejak 19 November hingga 26 November.

BPAN yang mengusung tujuan utama yaitu Gerakan Pulang Kampung membawa kembali para peserta kemah menelusuri jejak para leluhur Toraja dengan mengunjungi situs Tomanurun di Langi’ yang terletak di Ullin dan Tongkonan Papa Batu Tumakke yang terletak di wilayah adat Banga serta salah satu gerakan kedaulatan pangan Pare Ambo’ (padi hitam) di To’ Pao di wilayah adat Talion.

“Ini pertama kalinya saya mengunjungi Tongkonan beratapkan batu dan sejarah dibaliknya harus dilestarikan agar adat istiadat serta budaya di Toraja ini tidak luntur”, ujar Aldi Ketua Pengurus Daerah BPAN Gowa.

Peserta kemah mempelajari sejarah Tongkonan Papa Batu Tumakke bersama narasumber yang ada di Tongkonan tersebut. Diketahui Tongkonan Papa Batu Tumakke merupakan satu-satunya Tongkonan beratapkan batu dengan 1000 batu pahat yang diikat dengan rotan pada bagian atapnya dan berdiri tegak dengan 55 tiang kayu terbaik untuk menopang Tongkonan tersebut.

Selain kegiatan penelurusuran jejak leluhur “Belajar dari Banga”, peserta kemah raya pemuda adat Sulawesi Selatan dan Barat juga melakukan konsolidasi pembahasan Statuta, Manifesto, Program Kerja BPAN serta mengusulkan calon Dewan BPAN (DePAN) dan bakal calon ketua umum BPAN yang akan dimusyawarahkan pemilihannya bersama pada puncak Jambore Nasional IV BPAN bulan Desember mendatang.

Kemah Raya Pemuda Adat Sulawesi Selatan dan Barat diselenggarakan oleh BPAN, merupakan organisasi sayap AMAN di Tongkonan Layuk Tandingan dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Bonifasius Paundanan. Dalam kegiatan itu turut dihadiri Ketua BPH PD AMAN Toraya Romba’ Marannu Sombolinggi dan Ketua Umum BPAN Jakob Siringo-ringo.

- ADS -

Juf/ZK

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang
- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

DLH Sidak 10 Tambang Galian C Ilegal yang diduga Punya Sokongan Aparat

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Toraja Utara akhirnya tunjukkan taringnya dengan melakukan penegakan kepada 10...

Berita Lain

- Advertisement -