fbpx

Curhat Peternak Tana Toraja 12 Babinya Mati Diserang Virus ASF hingga Rugi Rp 50 Juta

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Peternak babi di Tana Toraja, mengeluhkan setiap hari babinya mati diserang penyakit African Swine Fever (ASF) atau demam babi Afrika. Akibatnya, peternak mengalami kerugian hingga Rp 50 juta.

“Saya punya babi 27 ekor jumlahnya, sudah 12 ekor yang mati karena virus ini, iya mati mendadak,” kata salah seorang peternak babi Serly, Senin (5/6/2023).

Serly mengungkapkan, akibat virus ASF tersebut dirinya mengalami kerugian hingga Rp 50 juta. Kata dia, setiap harinya ada satu babinya yang mati mendadak.

“Sudah 2 minggu mi ini. Setiap hari pasti ada babi yang mati, kalau rugi pasti. Kita ambil satu babi dewasa itu Rp 3 juta sampai Rp 5 juta, kerugian saya sudah hampir Rp 50 juta,” ungkapnya.

“Biasanya itu babi tidak mau makan, panas, terus pincang. Nah 1 atau 2 hari itu babinya langsung mati. Tidak tau apa yang bisa dilakukan, cuma semprotkan disinfektan saja,” lanjutnya.

Sementara itu, Kabid Peternakan pada Dinas Pertanian Tana Toraja Octavianus Sonda mengutarakan, sekitar 300 ekor babi di Tana Toraja yang mati terjangkit ASF. Hal ini akan mengancam 346.710 populasi babi yang ada di Tana Toraja.

“Laporan yang masuk kurang lebih 300 ekor sudah mati, tapi data itu masih banyak peternak yang belum lapor. Ini sangat berbahaya karena mengancam populasi babi kita, ada 346.710 populasi babi yang ada di 19 Kecamatan,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini Tim Satuan Tugas (Satgas) pencegahan virus ASF Tana Toraja sementara melakukan tracking penyebaran virus. Selain itu satgas juga menutup lalu lintas hewan babi dari luar daerah.

“Sementara kita tracking penyebarannya. Kami juga menutup sementara lalin ternak babi dan pakannya dari luar daerah. Ini untuk menyelamatkan populasi babi kita,” tandasnya.

Ari/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tak Ingin Jadi Penonton, Hanura Bakal Dorong Kader Terbaiknya di Pilkada Enrekang

ZONAKATA.COM - ENREKANG  Jelang perhelatan Pilkada serentak pada 27 November 2024, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Enrekang, tidak...

Berita Lain